26 Juli 2018

Cara memasukan alamat tempat bisnis anda di google maps

Di jaman sekarang ini siapa yang tidak kenal dengan google maps? Hamper 90% pengguna internet baik melalui handphone maupun PC pastinya sering membuka fitur google maps. Aplikasi buatan google ini memang sangat bermanfaat bagi masyarakat dunia untuk mencari keberadaan suatu tempat. Terlebih lagi apabila tempat yang dicari adalah lokasi usaha kita. Dengan adanya google maps pelanggan akan dengan mudah menemukan lokasi usaha kita dan bahkan fitur google maps lainya juga bisa memberikan suggestion atau saran tempat terdekat, seperti pompa bensin, restaurant, ATM, Bank, sekolah dan lainnya.

Lalu bagaimana cara agar lokasi usaha kita bisa ditemukan di google maps? Inilah yang akan kita bahas sekarang.

Pada intinya google maps dapat di akses dengan smartphone, tablet atau PC. Jadi cara untuk memasukan alamat ke google map juga bisa terbagi menjadi dua cara. Intinya sama, namun tampilannya yang sedikit berbeda.

Cara memasukan alamat lokasi usaha ke google maps dengan smartphone

 1. Langkah awal pastikan aplilkasi google maps anda sudah diperbarui atau di update. Cara update tentunya anda sudah tahu hanya dengan masuk ke playstore kemudian anda bisa update disana.

2. Kemudian anda buka google map anda pada aplikasi smartphone. Sebaiknya aktifkan juga GPS/location anda (biasanya ada pada lokasi menu atas atau shortcut menu smartphone anda).

3. Pada aplikasi google maps sekarang kita mulai cara untuk memasukan alamat lokasi usaha anda di google maps dengan jalan klik pada ‘menu’ yang terdapat pada pojok kiri atas.

4. Silahkan geser kebawah hingga anda temukan tulisan ‘add missing place’ kemudian pilih dan klik ‘business or landmark’

5. Isikanlah detail dari usaha anda seperti, nama usaha anda, kategori usaha, deskripsi usaha, alamat website, jam operasional dan pastinya yang terpenting adalah alamat usaha anda. Yang perlu menjadi catatan adalah pada saat mengisi alamat dan alamat tersebut tidak relevan dengan google maps maka akan diberikan saran atau suggestion oleh aplikasi google maps. Biasanya ada satu atau dua pilihan saran alamat untuk anda bisa pilih. Selain itu anda juga dapat menggunakan fitur ‘mark location on map’ ini akan memperjelas tempat usaha anda dan menuntun pelanggan anda ke arah lokasi pada saat pencarian nantinya.

6. Setelah itu anda bisa langsung saja meng klik ‘kirim’/submit pada aplikasi anda.

 Cara memasukan lokasi tempat usaha anda di google maps melalui browser laptop/PC

 1. Tentunya anda harus buka browser anda terlebih dahulu kemudian membuka situs google maps.

2. Selanjutnya anda mencari pada kolom pencarian daerah atau wilayah yang merupakan tempat usaha anda. Jika alamat jalan atau gang sudah ada di google maps tentunya akan mudah, namun jika tidak ada bisa memperkirakan titik lokasinya.

3. Jika sudah silahkan klik kanan pada lokasi tersebut dan cari dan pilih ‘add missing place’

4. Kolom yang harus diisi akan sama persis dengan cara mengisi pada aplikasi smartphone (baca langkah nomer 5 dan 6 diatas)

Google maps akan mengirimkan email kepada anda mengenai lokasi yang anda submit. Tentunya google akan mengecek kembali data yang anda masukan dan butuh waktu 2-3 hari. Kenapa lama? Karena add missing place itu hanya merupakan sebuah saran kepada tim google maps untuk menambahkan lokasi ke map.

 Lalu adakah langkah yang lebih cepat untuk memasukan alamat lokasi usaha ke google maps? Tentu saja ada. Langkahnya adalah sebagai berikut:

 1. Buka browser smartphone anda kemudian menuju ke situs www.business.google.com (biasanya sudah langsung login jika belum anda bisa login dulu ke akun gmail anda)

2. Kemudian di pojok kanan bawah akan ada tombol biru dengan tanda tambah, setelah anda klik akan ada perintah untuk memilih ‘add a location’ atau ‘create a location group’. Saat ini anda perlu memilih ‘add a location’

3. Sekarang akan muncul kolom isian yang caranya sama dengan cara mengisi yang sudah saya jelaskan diatas. Ini tentunya sangat mudah dan saya yakin anda bisa mengisinya. Silahkan ikuti saja perintah isiannya.

4. Jika semua isian tentang detail usaha dan lokasi usaha telah lengkap google maps akan memverifikasi lokasi usaha anda dengan mengirimkan SMS/call yang berisi kode verifikasi ke nomor handphone yang anda masukan sebelumnya.

5. Jika sudah mendapatkan kode itu silahkan masukan pada kolomnya dan beberapa menit kemudian lokasi anda sudah bisa ditemukan di google maps.

 Begitulah cara untuk memasukan alamat lokasi usaha anda ke google maps dan jika masih belum paham silahkan hubungi saya memalui email atau facebook saya. Semoga bermanfaat untuk anda dan usaha anda bisa lebih mudah ditemukan di google maps.

Artikel Terkait Lainnya Seputar:



0 komentar:

Posting Komentar

cari artikel menarik disini