15 Januari 2018

Pertamakali Drydock di Kapal Pesiar


Setelah kontrak kerja ini berjalan selama hamper dua bulan akhirnya kapal pesiar tempat saya bekerja masuk ke jadwal untuk drydock. Ini merupakan pengalaman pertama saya berada pada situasi kapal yang sedang drydock. Pengertian drydock sebenarnya simple saja, sama seperti mobil yang melakukan service berkala. Kapal pesiar yang besar dan memiliki mesin-mesin besar ini pun perlu perawatan dan pengecekan bagian mesin dan exterior maupun interiornya. Perbaikan mesin kapal pesiar dan hal lainnya yang membutuhkan waktu lama dan mengharuskan kapal untuk tidak melanjutkan perjalanannya itulah yang disebut dengan drydock. Ada juga istilah lain dari perbaikan yang dilakukan dengan cepat dan bisa selesai dalam 1 hari disebut dengan wetdock.

Kapal pesiar tempat saya bekerja berkapasitas sekitar 3.000 penumpang dan 1.200 crew members. Pada bulan januari 2018 ini sedang melakukan aktifitas drydock di shipyard Freeport Bahamas. Ditempat inilah sebagian besar kapal-kapal pesiar besar dan mewah yang memiliki rute Caribbean menjalani proses drydock. Untuk drydock kali ini kapal kita hanya melakukan perbaikan dan pengecekan di engine jadi yang lebih utama bekerja adalah marine department. Sedangkan department yang lain seperti housekeeping melakukan kegiatan general cleaning di beberbagai lokasi di dalam kapal. Untuk department saya yaitu food and beverage terbilang cukup santai karena hanya menyiapkan makanan untuk crew dan juga para kontraktor.

Menurut pengalaman beberapa teman mengatakan ke saya bahwa tempat kita drydock saat ini kurang menarik bagi crew. Jarak  dari tempat drydock ke pusat kota juga lumayan jauh. Meskipun disediakan shuttle bus namun tetap saja butuh waktu karena jarak yang jauh dan minimnya shuttle bus. Berbeda halnya dengan drydock di kawasan asia (biasanya di singapura) atau di eropa (biasanya di perancis), disana lebih dekat ke pusat kota dan banyak hal yang bisa kita lakukan juga kunjungi.

Mungkin pihak HRD mengerti akan hal ini maka mereka bersama team nya banyak mengadakan acara-acara untuk crew. Seperti crew party, crew special dinner, pool party, crew movie dan masih banyak lagi. Menurut saya cukup menghibur. Apalagi ketika saya mendapatkan jatah libur satu hari penuh, biasanya saya gunakan untuk melihat acara-acara itu. Dan malam harinya saya bersama teman akan datang ke crew movie (seperti bioskop).

Untuk masalah gajih tentunya bagi mereka yang mendapatkan gajih fixed monthly salary tidak berpengaruh dalam situasi drydock seperti ini. Namun untuk saya yang mengandalkan keberadaan tamu untuk mendapatkan gaji (tipping personel) akan merasa rugi dan tidak mendapatkan bayaran. Tetapi tetap bersyukur karena tentunya drydock bertujuan untuk kenyamanan dan keselamatan bersama.


Sampai bertemu lagi di artikel saya lainnya dengan edisi drydock ini. Salam sukses dan keep cruising!

Artikel Terkait Lainnya Seputar:



0 komentar:

Posting Komentar

cari artikel menarik disini