03 Juni 2017

Bagaimana Mencuci Tangan Dengan Benar dan Manfaatnya

wash hand, img by google
Mencuci tangan bagi kebanyakan orang dianggap hal yang tidak begitu penting. Atau bisa juga ada diantara kita yang sadar akan pentingnya mencuci tangan namun masih dilakukan dengan cara yang kurang tepat. Mencuci tangan secara rutin merupakan cara yang termudah dan ampuh untuk menangkal diri kita dari berbagai serangan penyakit dan virus yang kian hari kian bertambah jumlahnya.

Sebelum kita membahas bagaimana mencuci tangan secara benar, ada baiknya kita tahu terlebih dahulu kapan seharusnya kita mencuci tangan. Mencuci tangan sebaiknya dilakukan:
-          Setelah menggunakan toilet (buang air kecil atau buang air besar)
-          Sebelum memulai makan dan setelah makan
-          Sebelum ingin memasukan makanan apapun kedalam mulut kita
-          Sebelum memulai mengolah makanan (memasak)
-          Setelah menyentuh beberapa kali benda benda yang ada di tempat umum seperti pegangan di tangga, tombol elevator, door handle (gagang pintu)

Kemudian bagaimana cara mencuci tangan dengan benar agar terbebas dari kuman dan bakteri? Berikut penjelasan cara mencuci tangan dengan benar,
1.      Basahi tangan dengan air hangat yang mengalir. Di tempat-tempat umum seperti perkantoran, mall, dll. Sekarang telah banyak menggunakan hand washing sink dengan keran otomatis jadi tanpa harus kita menekan/memutar atau mengangkat keran untuk mengalirkan airnya. Hal ini bagus sehingga meminimalisir peredaran bakteri sebelum dan setelah mencuci tangan.
2.      Setelah dibasahi dengan air hangat maka gunakan sabun cair untuk tangan yang telah tersedia, kemudian gosokan hingga merata ke seluruh telapak tangan bagian atas dan juga bawah serta jangan lupa untuk menggosokan bagian di Antara jari-jari tangan juga kuku. Gosokan selama kurang lebih 20 detik.
3.      Bilas dengan air hangat yang mengalir hingga bersih. Kemudian gunakan paper towel/tissue untuk mengeringkannya. Hal terakhir yang penting untuk diingat adalah ketika anda selesai mencuci tangan dan mengerngkannya ambil satu lembar paper towel untuk membuka handle/ gagang pintu toilet sehingga tangan anda tidak terkotori lagi oleh bakteri yang ada di gagang pintu toilet.

Kenapa mesti repot seperti itu? Pakai saja hand sanitizer kan lebih mudah? Menurut United State Public Health dalam hal ini CDC (central of disease control) menyarankan untuk mencuci tangan dengan langkah-langkah seperti diatas sesering mungkin lebih efektif untuk mengurangi penyebaran virus dan kuman namun jika dalam perjalanan dapat menggunakan alcohol hand sanitizer.


Jadi kembali lagi seperti pepatah yang mengatakan mencegah lebih baik daripada mengobati tubuh yang sudah sakit karena terserang virus. Cara yang mudah ya hanya dengan mencuci tangan secara rutin. Semoga setelah membaca artikel ini anda bisa mengerti dan dapat mempraktikannya agar hidup kita lebih sehat.

Artikel Terkait Lainnya Seputar:



0 komentar:

Posting Komentar

cari artikel menarik disini