30 November 2016

Langkah Mendaftar Paspor Online Untuk TKI Pelaut

 Paspor adalah identitas yang wajib dimiliki oleh setiap warga negara Indonesia yang akan melakukan perjalanan keluar dari Negara Indonesia. Dijaman digital ini pemerintahpun melakukan banyak inovasi untuk mempermudah pembuatan paspor. Dahulu jika sesorang ingin membuat paspor terkesan sangat sulit dan merepotkan. Sehingga banyak dari kita yang lebih menggukan jasa calo untuk mempermudah proses pembuatan paspor. Tentu saja biaya yang seharusnya murah menjadi membengkak. Guna menghapuskan segala macam praktek pungli (pungutan liar) ini di tahun 2016 pendaftaran pembuatan paspor dapat dilakukan dari rumah anda secara online melalui website dari Departement Imigrasi di www.imigrasi.go.id


Kebetulan tahun ini masa berlaku paspor saya telah habis. Jadi saya memutuskan untuk memperpanjang sendiri. Awalnya ingin datang langsung ke kantor imigrasi Denpasar yang bertempat di kawasan Renon, Denpasar. Namun setelah mendengar informasi mengenai pembuatan paspor secara online, maka saya mecoba menelusuri website resmi dari dinas imigrasi www.imigrasi.go.id dan sayapun mendaftar online untuk pembuatan paspor baru sesuai langkah yang tergolong cukup mudah. Baiklah mari kita mulai saja mendaftar untuk pembuatan paspor online di www.imigrasi.go.id

Langkah 1:
Kunjungi website www.imigrasi.co.id
Di website ini terdapat banyak sekali pilihan layanan yang berguna bagi kita seperti
a. Layanan paspor online
b. Layanan Visa online
c. Aplikasi pelaporan orang asing
d. Layanan pengaduan masyarakat
e. Informasi antrian layanan paspor
f. Layanan izin tinggal online

Langkah 2:
Pada saat ini kita akan membuat paspor baru dengan mendaftar secara online maka kita harus pilih dan klik "layanan passpor online"


Langkah 3:
Setelah kita klik pada gambar maka akan muncul tampilan seperti terlihat di gambar ini. Pada intinya bagi pengurusan paspor perorangan atau individu anda hanya menggunakan pilihan pada kolom-kolom disebelah kiri layar. Yang sebelah kanan layar adalah untuk pengurusan dari perusahaan. Sekarang kita akan membuat paspor baru secara online maka kita harus pilih dan klik "Pra Pemohonan Personal"


Langkah 4:
Anda harus melengkapi data diri anda sesuai data yang ada pada paspor lama anda (jika telah memiliki paspor sebelumnya). Untuk anda yang bekerja di luar negeri seperti saya maka pada kolom jenis permohonan anda pilih dan klik "baru-paspor untuk TKI" dan pada kolom jenis paspor anda pilih "48H-Perorangan". Jangan salah memilih kantor imigrasi! pilihlah yang terdekat dengan tempat anda tinggal.
catatan: untuk nomer rekomendasi kemenaker bisa di kosongkan.

Langkah ke 5: 
selanjutnya jika data diri dan kontak anda telah lengkap sistem akan mengirimkan anda email yang berisikan data yang sesuai dengan permohonan anda beserta total tagihan yang harus anda bayarkan ke Bank (saya memilih menggunakan bank BNI46). Silahkan download dan print file dalam format pdf sebagai bukti tagihan pada saat anda membayar di bank.
catatan: ada kalimat seperti ini dalam email yang dikirim "untuk memverifikasi permohonan anda silahkan klik 'lanjut'..." ketika anda klik lanjut maka anda akan dibawa ke halaman verifikasi permohonan yang membutuhkan nomer NTPN, yang mana nomer tersebut akan anda dapatkan setelah anda melakukan pembayaran di bank BNI46, jadi bayar dulu ya baru di klik..

Langkah ke 6:
Datang ke bank BNI46 dan langsung menuju teller. Katakan saja bahwa anda akan membayar pembuatan paspor. Serahkan juga tagihan yang sebelumnya anda telah print. Simpanlah baik-baik bukti pembayaran yang diberikan.
catatan: Pastikan kode NTPN (Nomer Tranksaksi Penerimaan Negara) telah tercetak dengan jelas. Jika tidak jelas jangan ragu untuk meminta kepada teller bank menulis ulang kode tersebut karena kode itu yang akan anda gunakan untuk memverifikasi permohonan paspor online anda.

Langkah ke 7:
Sekarang buka kembali email yang sebelumnya dikirim dari sistem imigrasi.go.id. pada kalimat "untuk memverifikasi permohonan anda silahkan klik 'lanjut'..." pilih dan klik lanjut maka akan tampil halaman verifikasi. Disini anda harus memasukan nomer NTPN yang terdapat pada kwitasi bank BNI46. Setelah itu pilih tanggal kedatangan anda ke kantor imigrasi.

Langkah ke 8:
Datang ke kantor imigrasi sesuai tanggal yang anda pilih. Jangan lupa untuk menyertakan,
a. KTP asli dan copy
b. KK asli dan copy
c. Akte Lahir asli dan copy
d. Ijasah terakhir asli dan copy (SMA/SMK juga disertakan karena ada nama orang tua sedangkan Kuliah tidak ada nama orang tua)
e. Paspor Lama (jika ada)
f. Rekomendasi dari pihak Agent Tenaga Kerja 
g.Surat pernyataan (bisa diambil di kantor imigrasi) bermatrai 6.000

Saat tiba di kantor imigrasi anda hanya tinggal mengambil nomer antrian kemudian duduk manis. Jika sudah di panggil anda hanya perlu membawa berkas ke loket periksa berkas kemudian duduk manis lagi menunggu sesi foto.

Paspor anda akan jadi kurang lebih 2-3 hari kerja. Jadi begitulah pengalaman saya dalam membuat paspor baru secara online di website imigrasi.go.id. Jika mengalami kendala jangan ragu untuk menghubungi call center imigrasi yang tertera di halaman depan website sebelah kiri.

semoga bermanfaat.

Artikel Terkait Lainnya Seputar:



0 komentar:

Posting Komentar

cari artikel menarik disini