15 April 2016

Baru Tau Ternyata Ada 3 Jenis PS 3

Play Station 3 ternyata memiliki 3 varian yang berbeda sesuai dengan kemanfaatannya. Saya sejujurnya bukan orang yang begitu menggemari permainan PS3. Namun jika ada teman yang mengajak saya bermain tentunya saya bisa meladeninya, meskipun harus kalah terus ha ha ha..

Sebelumnya saya tidak tahu bahwa ternyata ada banyak jenis PS3. Ini berawal dari salah satu teman dari bapak saya yang berasal dari timor leste. Saya diminta untuk membawa PS3 nya ke tempat service dan modifikasi PS3. Kata beliau, PS3 tersebut di modifikasi agar bisa memainkan permainan dalam bentuk bajakan yang tersimpan di Hard Disk.


Sayapun berangkat ke salah satu tempat service dan modifikasi PS (Play Station) yang ada di kawasan kota Denpasar. Disana saya menceritakan kendalanya dan keinginan untuk modifikasi. Pertemuan dengan tukang modifikasi itu ternyata membuahkan ilmu juga bagi saya. Sampai saya akhinya mengerti bahwa PS3 ada beberapa jenis, yang diantaranya adalah:


1. PS3 OFW (Offical Firmware)

PS3 OFW atau Orginal (Official) Firmware merupakan PS3 asli Buatan Sony sehingga semua perangkat keras dan perangkat lunak merupakan produk asli dari Sony tanpa adanya custom atau modifikasi oleh orang lain. Dengan membeli PS3 jenis OFW, pembeli akan terbebas dari kemungkinan kerusakan konsol akibat modifikasi dari pihak lain. Firmware dalam PS3 adalah firmware resmi dari sony dan akan diperbarui otomatis dari internet tanpa melakukan setting khusus jika ada update firmware baru dari pihak Sony.

Tetapi, PS3 OFW ini hanya bisa digunakan untuk memainkan permainan-permainan Original/asli saja, baik dari Game format PKG berbayar maupun Blue Ray Disk PS3. Tentunya OFW tidak bisa memainkan game bajakan atau non original apalagi game bajakan yang disimpan pada harddisk. Jika Anda menggunakan PS3 OFW anda juga akan bisa menikmati semua fitur game tanpa terkecuali salah satunya fitur onlinenya. Hampir semua game PS3 memiliki fitur game online sehingga bisa dimainkan dengan pemain lain melalui internet.

2. PS3 CFW (Custom Firmware)

Kedua adalah Custom Firmware, berbeda dengan OFW, CFW adalah Firmware hasil custom atau modifikasi. Sehingga Play Station 3 ini bisa digunakan untuk memainkan game tidak original atau bajakan. PS3 jenis CFW lumrah digunakan untuk bermain game PS3 yang disimpan baik pada Harddisk Internal maupun Eksternal. Namun perlu diketahui juga bahwa tidak semua versi CFW mendukung semua game bajakan. PS3 CFW biasanya kita temui di rental rental PS3.
Kelemahan menggunakan CFW ialah pemain tidak bisa menikmati fitur permainan online, bahkan Sony sendiri akan membanned akun PSN dan konsol kamu jika ketahuan menggunakan Custom Firmware. Jadi PS3 CFW cocok bagi pemain/gamer yang tidak memiliki dana untuk memainkan game game original PS3, hanya untuk informasi harga DVD Game PS3 berkisar 400 ribu sampai 1 juta per permainan/game, sementara game bajakan/non orisinil bisa dibeli dengan harga 15.000 hingga 30.000 rupiah / game.

3. PS3 ODE / Optical Custom Firmware

ODE merupakan Optical Custom Firmware. jenis ODE lantaran banyak PS3 keluaran terbaru tidak bisa update CFW jadi membutuhkan penyesuaian hardware tertentu misalnya motherboard. Sebenarnya ODE dan CFW itu sama, yakni sama-sama untuk memainkan game non original, perbedaannya hanya pada cara customnya. Jika CFW custom dari segi software maka ODE custom dari segi hardwarenya.

Itulah informasi seputar PS3 OFW, CFW, dan ODE serta masing masing perbedaan keunggulan serta kekurangannya. Ketiga jenis Play Station 3 tersebut sebenarnya hanya berasal dari 1 jenis konsol yakni Play Station 3, hanya saja sudah mengalami modifikasi untuk hal hal tertentu seperti agar bisa memainkan game bajakan atau tidak original.

Artikel Terkait Lainnya Seputar:



0 komentar:

Posting Komentar

cari artikel menarik disini