07 April 2016

Bahaya Saat Tidur Didekat Handphone

image by google.com
Tidur di malam hari seharusnya bisa menjadi kegiatan yang membuat tubuh kita kembali fit di keesokan harinya. Namun tidak bisa dipungkiri kadang kita sering sebelum tidur cek status Facebook, Twitter, Instagram dll. Selain itu terkadang kita bisa tak sengaja tertidur bersama handphone kita di sebelah (dekat) kapal kita. Dan taukah kalian bahwa tidur dengan posisi handphone ataupun gadget lainnya yang berdekatan dengan tubuh kita terutama kepala kita ternyata sangat berbahaya.

Handphone kita memiliki layar light emitting diode (LED) yang memancarkan sinar berwarna biru. Sinar biru ini kemudian menurut beberapa penelitian mengganggu atau menghabat perkembangan hormon melatonin.

Sinar biru itu akan ditangkap oleh retina kita, kemudian akan dibawa ke otak setelah itu otak akan menganggap saat itu adalah siang hari (padahal sebenarnya malam hari) dan tubuh akan melambatkan produksi hormon melatonin kita.

Tapi dari tadi kita ngomongin melatonin tapi belum dijelaskan apa itu melatonin, jadi hormon melatonin adalah suatu hormon yang berfungsi untuk mengatur tidur seseorang. Sinar pada LED handphone kita saat ditangkap oleh retina mata yang sangat sensitif itu akan menganggap situasi seperti siang hari karena sinar biru dari LED menghasilkan sinar yang sama dengan cahaya matahari, akibatnya seseorang akan mengalami gangguan tidur, susah tidur bahkan insomnia.

Nah pasti diantara kita pernah merasakan saat dimalam hari kita terbangun, kemudian cek handphone kita untuk cek facebook,twitter, instagram dll sesaat setelah itu kita tidak akan atau susah untuk kembali tidur.

World Health Organization (WHO) di tahun 2011 menyatakan bahwa penggunaan gadget, khususnya handphone, kemungkinan dapat berisiko terjadinya penyakit kanker, meskipun hal ini masih belum dapat dipastikan sehingga masih dilakukan penelitian lebih lanjut hingga saat ini.

Sudah jelaskan bahaya tidur didekat handphone kita? makanya ayo mulai sekarang kita matikan handphone dan jauhkan dari diri kita agar saat malam hari tidur kita bisa lebih berkualitas.

Artikel Terkait Lainnya Seputar:



0 komentar:

Posting Komentar

cari artikel menarik disini