03 Mei 2015

Atasi Perut Kembung

Kemarin sepulang dari kampung halaman perut terasa begah. Perut kembung ini awalnya saya kira hanya karena masuk angin biasa. Namun ke esokan harinya perut kembung dan begah makin membuat kegiatan sehari-hari tidak nyaman. Kebetulan saat itu sedang online jadi saya coba googling dan mencari apa sebenarnya penyebab perut kembung ini.

Dari beberapa artikel medis yang saya baca secara online dari blog beberapa dokter menyebutkan bahwa perut kembung itu adalah situasi dimana saluran pencernaan kita terdapat kandungan gas yang berlebihan. Gas (flatus) ini memang dihasilkan oleh lambung dari proses pencernaan makanan. Normalnya gas ini akan dikeluarkan dari sistem pencernaan kita melalui kentut. Taukah kamu kalau kentut pada orang yang normal bisa mencapai 6-20 kali kentut per hari. Sendawa juga merupakan proses pembuangan gas. Namun sendawa yang berlebihan juga merupakan pertanda perut kembung.

Berikut ini adalah faktor yang menyebabkan perut kembung

1. Udara yang masuk ke saluran pencernaan.
pada saat makan, minum, mengunyah dan lain sebagainya akan memasukkan udara ke lambung dan saluran pencernaan kita. Udara yang lama tersimpan di usus dan tidak bisa di keluarkan melalui anus (kentut) akan menyebabkan perut kembung.

2. Makan makanan yang menyebabkan perut kembung
- brokoli, kembang kol, mentimun adalah beberapa sayuran yang menyebabkan perut kembung
- susu yang mengandung laktosa
- minuman ber soda
- gorengan dan makanan berlemak
maka jika tidak ingin terserang perut kembung sebaiknya hindari makanan-makanan diatas

3. Berubahnya kadar hormon pada wanita
biasanya menjelang periode haid akan menyebabkan hormon wanita berubah dan cenderung mudah terserang perut kembung.

Lalu bagaimana cara mengatasi perut kembung?
yang pertama pastinya hindari hal-hal yang menyebabkan perut kita kembung. jika sudah terlanjur kembung yang kita beli obat untuk menghilangkan perut kembung yang cukup banyak dijual di apotik-apotik. Namun tetap seperti iklan di TV "jika sakit berlanjut hubungi dokter"


Artikel Terkait Lainnya Seputar:



0 komentar:

Posting Komentar

cari artikel menarik disini