05 Maret 2015

Ternyata E-KTP Sudah Berlaku Seumur HIdup

Dua hari yang lalu saya mebuat E-KTP di kantor catatan sipil pemerintah kabupaten Bangli. Dalam periode pembuatan E-KTP yang perdana saya tidak sempat ikuti karena masih bekerja di Luar negeri. Kali ini karena KTP lama saya telah habis masa berlaku maka saya berniat membuat E-KTP.

Saat sampai di Dinas Catatan Sipil Kabupaten Bangli tampak tidak ada antrian yang sangat berarti. Saya pun mengambil nomer antrian dan menunggu hingga di panggil sesuai dengan nomer yang saya dapat. Saat menunggu saya sempat melihat-lihat keadaan sekitar kantor catatan sipil di Bangli ini. Tempatnya tergolong sempit dengan jumlah masyarakat yang dilayani banyak tiap harinya.

Setelah dipanggil saya menyerahkan surat-surat yang merupakan persyaratan untuk membuat E-KTP. Syarat E-KTP yaitu,

  • Foto copy KK, 
  • Foto copy KTP Lama
  • Surat dari kepala desa sebagai pengantar pembuatan E-KT
kemudian, seperti yang sudah anda tahu bahwa E-KTP tidak perlu menyetorkan foto karena anda akan di foto langsung di kantor catatan sipil. Begitu juga anda akan direkam sidik jarinya juga scan retina mata.

Selanjutnya ke bagian percetakan E-KTP. dan tak lama E-KTP saya pun jadi. Karena hari sudah mulai sore saya memutuskan balik ke tempat rantauan saya di Kota Denpasar. Saat di dalam perjalanan saya sempat membaca sekilas isi dari E-KTP saya. Namun saya tidak menemukan adanya kesalahan.

Singkat cerita besoknya saya menuju ke Bank Mandiri cabang Teuku Umar Denpasar. Saat itu saya hendak membuat rekening baru. Namun ketika E-KTP saya di periksa oleh CS dari Bank Mandiri dia sempat menanyakan "kenapa masa berlakunya seumur hidup pak?", saya sempat kaget juga karena sepengetahuan saya KTP yang berlaku seumur hidup hanya untuk yang berumur 50 tahun ke atas.

CS bank Mandiri itupun kemudian menanyakan kepada atasannya dan setelah kembali dia meminta identitas saya yang lain, dan saya berikan saja SIM saya. Saya sempat tanyakan kepada CS itu apakah mungkin ini salah ketik? terus CS bank mandiri itu bilang "bisa saja salah ketik pak, kan yang berlaku seumur hidup hanya diatas 50 tahun".

Karena rasa penasaran sayapun kembali ke Bangli dan menuju kantor catatan sipil. Langsung saja saya tanyakan kepada pegawai disana tentang masa berlaku. Akhirnya saya mendapatkan kejelasan bahwa, E-KTP yang di buat di pertengahan tahun 2014 hingga sekarang dan seterusnya memang masa berlakunya seumur hidup. Untuk E-KTP perdana yang dibuat dahulu memang masa berlakunya hingga 3 tahun. Namun E-KTP yang sekarang berlaku semua seumur hidup.

Yang membuat saya heran adalah kenapa pemerintah kita sangat kurang sekali sosialisainya mengenai masa berlaku ini. Sampai-sampai pihak bank besar seperti bank Mandiri pun tidak tahu mengenai ini. Saya pun menelusuri dengan bantuan google dan akhirnya mendaptkan informasi yang sama seperti yang dijelaskan oleh pihak catatan sipil kabupaten Bangli.

Kesimpulan pemerintah Indonesia menerapkan masa berlaku E-KTP seumur hidup adalah untuk efisiensi waktu dan anggaran/ Namun jika memang terjadi perubahan terhadap pekerjaan, status perkawinan atau gelar di nama, anda tetap bisa melakukan perbaikan.

Artikel Terkait Lainnya Seputar:



0 komentar:

Posting Komentar

cari artikel menarik disini