06 Maret 2015

Cara Daftar BPJS Kesehatan Online

Pasti banyak diantara kita yang sudah tidak asing lagi dengan BPJS. BPJS adalah singkata dari Badan Penyelenggara Jaminan Sosial. Banyak juga yang sudah membicarakan kelebihan serta kekurangan dari BPJS Kesehatan ini. Namun menurut saya, program apapun itu di tahap awal tidak akan pernah sempurna. Karena kesempurnaan itu perlu proses.

Dengan semakin gencarnya pemerintah bersama kementerian kesehatan untuk mempromosikan BPJS Kesehatan, maka kesadaran masyarakat akan manfaat BPJS Kesehatan semakin tinggi. Ini terbukti dengan semakin ramainya kantor-kantor cabang BPJS Kesehatan yang di datangi warga untuk mengajukan proses registrasi sebagai anggota BPJS Kesehatan.

BPJS Kesehatan telah mengantisipasi banyaknya keinginan warga untuk mendaftar BPJS di kantor cabang dengan membuat sistem registrasi online yang dapat di akses di www.bpjs-kesehatan.gov.id atau bisa klik disini

Sistem online ini tentunya dirancang untuk kenyamanan masyarakat. Warga tak perlu lagi mengantre di kantor BPJS. Lebih praktis, nyaman dan hemat waktu. Calon anggota BPJS hanya perlu mengisi formulir online dan menyiapkan foto untuk di upload dan dengan beberapa langkah sederhana akan terdaftar sebagai anggota BPJS Kesehatan.

Lalu Bagaimana cara mendaftar BPJS online? inilah yang akan kita bicarakan sekarang yaitu mengenai cara daftar BPJS Kesehatan Online. Baik mari sekarang kita lakukan langkah demi langkah mendaftar BPJS Online.

1. Sebelum memulai semua langkah untuk daftar BPJS Online, saya sarankan anda untuk menyiapkan hal-hal seperti dibawah ini untuk memudahkan anda dalam proses registrasi online BPJS Kesehatan.
  • anda harus punya email aktif (email yang sering anda buka).
  • anda harus siapkan kartu keluarga (KK).
  • anda harus siapkan KTP seluruh anggota keluarga.
  • anda harus siapkan foto softcopy untuk di upload dengan ukuran max 50KB.
  • anda harus punya account di Bank Mandiri, Bank BNI atau Bank BRI (kalau anda sudah aktifkan internet banking akan lebih bagus dan mudah prosesnya nanti)
2. Baik sekarang saya anggap anda sudah siap dengan semua hal yang saya sebutkan diatas. Mari kita kunjungi segera halaman website dari BPJS Kesehatan ini. bisa klik disini

3. Perhatikan di pojok kiri atas, silahkan pilih dan klik pilihan pendaftaran online/e registration 

4. Akan terbuka halaman yang berisikan berbagai persyaratan yang harus anda baca dan ketahui. Jika anda merasa setuju maka pilih dan klik kotak kecil disamping tulisan "Saya menerima dan menyetujui Syarat dan Ketentuan layanan pendaftaran BPJS Kesehatan" kemudian klik pendaftaran.

5. Pada bagian selanjutnya anda akan diminta untuk memasukkan Nomer Kartu Keluarga (KK). Namun sebelum itu anda harus klik pada kotak kecil disamping tulisan "Dengan ini saya menyatakan untuk mendaftarkan diri beserta Anggota Keluarga" setelah di klik barulah anda bisa memasukkan nomer kartu KK (pastikan angkanya benar). Kemudian klik "inquery kartu keluarga" maka jika benar akan muncul data seluruh anggota keluarga yang ada pada kartu KK. Setelah itu geser ke bawah kemudian klik "proses selanjutnya"

6. Di langkah-langkah selanjutnya anda hanya perlu mengisikan data-data dari anggota keluarga secara satu per satu. data probadi seperti nomer HP, alamat, alamat surat menyurat dll. Saya pastikan ini anda bisa selesaikan dengan mudah. Namun mohon perhatikan pada kolom "fasilitas kesehatan tingkat I" dan "Fasilitas Kesehatan Gigi" isikanlah dengan klinik/puskesmas/dokter probadi yang anda yakini dan dekat dengan tempat tinggal anggota keluarga. Selanjutnya upload foto anggota keluarga kemudian klik proses selanjutnya. Formulir isian biasanya di mulai dari kepala keluarga, isteri, anak, dan anggota keluarga tambahan lainnya. Jadi anda harus isikan formulir registrasi satu persatu.

7. jika semua anggota keluarga telah di isi datanya dengan lengkap maka selanjutnya ada halaman yang mengharuskan anda memilih Kelas rawat inap untuk seluruh anggota keluarga dan data bank yang anda gunakan untuk pembayaran premi.


  • Rp.25.500,- (dua puluh lima ribu lima ratus rupiah) per orang per bulan dengan manfaat pelayanan di ruang perawatan Kelas III. 
  • Rp.42.500 (empat puluh dua ribu lima ratus rupiah) 
per orang per bulan dengan manfaat pelayanan di ruang 
perawatan Kelas I 
  • Rp.59.500,- (lima puluh sembilan ribu lima ratus rupiah) 
per orang per bulan dengan manfaat pelayanan di ruang perawatan Kelas I.


8. Lanjutkan prosesnya hingga anda akan menerima pemberitahuan bahwa email aktivasi keanggotaan telah di kirim ke email anda.

9. sekarang buka email anda. kemudian buka email dari BPJS Kesehatan. Di dalam emailnya akan ada pemberitahuan untuk melakukan aktivasi dengan mengklik tautan (link).

10. klik pada link yang diberikan di email kemudian akan terbuka halaman baru di browser anda. Kemudian anda perlu memasukan kode captcha untuk mengaktifasi seluruh anggota keluarga hingga mendapatkan virtual account. Disamping nama anggota keluarga akan ada file e-book yang bisa anda download yang merupakan nomer virtual account.
  • virtual account BPJS Kesehatan adalah nomer yang akan anda dan seluruh anggota keluarga dapatkan untuk proses pembayaran premi setiap bulannya.

11. download seluruh virtual account versi ebook yang ada disamping nama anggota keluarga.

12. disamping nama anggota di halaman tadi juga ada status "belum terbayar" Anda memiliki waktu sekitar 24 jam untuk melakukan pembayaran ke virtual account BPJS Kesehatan milik masing-masing anggota keluarga. Maka segeralah bayarkan!

13. Proses pembayaran bisa menggunakan ATM atau internet banking. Sesuai pengalaman saya, jika anda sama dengan saya yang merupakan nasabah bank mandiri dan memiliki mandiri internet banking maka akan sangat mudah. Anda hanya perlu

  • untuk login ke internet banking anda (BNI, Mandiri, BRI)
  • pilih pembayaran---asuransi---BPJS Individu (proses ini di bank mandiri internet banking, kalau bank lain mungkin berbeda namun intinya sama pilih di "pembayara")
  • Kemudian masukan nomer virtual account anda dan jumlah pembayaran premi anda.
  • jika nomer virtual account dari BPJS yang kita dapat tadi benar maka otomatis akan muncul nama anggota keluarga sesuai dengan nomer virtual account BPJS nya.
  • langkah terakhir "BAYAR" hehe..
lakukan langkah pembayaran yang sama untuk seluruh anggota keluarga dengan virtual account BPJS Kesehatan masing-masing.

14. Setelah seluruh virtual account terbayarkan, sekarang kembali ke email anda dan buka lagi email yang tadi dari BPJS Kesehatan tentang aktivasi keanggotaan. Pilih dan klik lagi tautan (link) yang sama. Maka akan muncul e-id BPJS kesehatan dalam versi ebook yang ada di masing-masing nama anggota keluarga.

15. download semua E-ID BPJS Kesehatan dan Cetak kemudian berikan kepada masing-masing anggota keluarga sesuai nama yang tertera pada E-ID BPJS nya.  Fungsi Electronic ID BPJS sama valid nya dengan kartu BPJS yang di cetak saat kita daftar melalui cabang BPJS. Namun Jika ingin mendapatkan kartu itu bisa saja anda mohonkan untuk di cetak kartu di BPJS terdekat di kota anda.

Proses pendaftaran BPJS Kesehatan online telah berhasil dan akan siap digunakan setelah 1 minggu sesuai dengan peraturan pemerintah. Jangan lupa untuk membayar premi sebelum tanggal 10 setiap bulannya. Kalau tidak salah denda keterlambatannya hingga mencapai 2%.

Artikel Terkait Lainnya Seputar:



0 komentar:

Posting Komentar

cari artikel menarik disini