02 Februari 2015

Tipat Cantok! Masih Nikmat, Tetap Sehat

tipat cantok
Berbicara tentang makanan khas daerah Bali memang tak akan pernah ada habisnya. Postingan kali ini terinspirasi saat saya makan sebungkus tipat catok. Ya benar tipat catok adalah nama makanan yang terkenal di Bali. Rasa tipat cantok yang begitu nikmat dan harganya yang merakyat membuat tipat cantok tak pernah kehilangan penggemar.

Di beberapa daerah di Indonesia ada banyaka makanan tradisional yang mirip sajiannya dengan tipat cantok ini. Namun  mereka menyebutkannya dengan nama berbeda sesuai dengan daerahnya. Kalau dilihat sajiannya mungkin mirip dengan ketoprak yang ada di Jakarta, Mungkin juga mirip dengan gado-gado dan masih banyak lagi. Intinya beda nama namun satu rasa.

Kalau kita berkunjung ke desa-desa tradisional di Bali akan gampang sekali menemukan penjual tipat cantok. Bahkan saya perkirakan hampir setiap desa terdapat warung yang menjual tipat cantok ini. Kalau dari segi harga sangat terjangkau. Di daerah Denpasat dijual dengan harga kisaran Rp 7.000 -Rp 10.000 per porsinya. Namun di desa-desa terpencil bahkan masih ada yang menjual dengan harga Rp 2.000. Namun tentu saja sajiannya tak selengkap yang di Denpasar. Ya maklumlah, kan harga menunjuka kualitas.

Saya sempat memperhartikan ibu-ibu penjual tipat cantok di dekat rumah saya saat sedang meracik tipat cantok ini. Bahan yang diperlukan adalah, tipat (ketupat nasi), kacang tanah, asam jawa (lunak), cabai, bawang putih, garam, gula merah, dan untuk sayuran  tauge, kacang panjang, kangkung, bisa juga ditambahkan lauk seperti tahu.

Cara membuatnya sangat sederhana, semua bumbu dimasukan ke ulekan. kemudian di ulek hingga halus. Setelah itu ketupat di potong-potong kecil. Dimasukan juga sayuran dan lauk secara bersamaan. Kemudian di aduk dengan sendok terus-menerus hingga rata. Barulah tipat cantok ini siap untuk disajikan.

Cita rasa yang nikmat kan nggak harus mahal, Ini makanan tradisional yang wajib kita lestarikan. Bahkan kalau dilihat lagi ini tipat cantok seperti makanan vegetarian hehee.. happy blogging guys! jangan lupa coba ya..

Artikel Terkait Lainnya Seputar:



0 komentar:

Posting Komentar

cari artikel menarik disini