29 Agustus 2013

Jenis-Jenis Reksa Dana

Sebelumnya kita telh belajar tentang pengertian dari Reksa Dana (RD) ini. Kalau anda belum sempat membaca artikel saya tentang reksa dana maka bisa dibaca disini. Nah jika sudah paham pengertiannya sekarang mari kita bahas mengenai ragam jenis Reksa Dana. Dari website resmi danareksaonline.com dijelaskan secara detail mengenai jenis-jenis Reksa Dana ini.

Reksa Dana dapat terbagi menjadi 3, yaitu Reksa Dana Terbuka, Reksa Dana Indeks, dan Reksa Dana Terproteksi.

- Reksa Dana Terbuka
Reksa Dana Terbuka adalah reksa dana yang dapat dibeli dan dijual sewaktu-waktu setiap hari bursa. Reksa Dana Terbuka dibagi menjadi beberapa jenis tergantung dari isi portofolionya, yaitu :

1. Reksa Dana Pasar Uang
Reksa Dana Pasar Uang (RDPU) adalah reksa dana yang minimum 80% asetnya harus diinvestasikan pada instrumen pasar uang. Imbal hasil dan risiko pada RDPU paling rendah dibandingkan reksa dana lainnya. RDPU ditujukan bagi Anda yang sangat konservatif, yaitu Anda yang menginginkan pendapatan yang teratur dengan tingkat risiko kerugian rendah, dan memiliki jangka waktu investasi kurang dari 1 tahun. Tidak seperti reksa dana lainnya, NAB per unit pada RDPU selalu di harga Rp. 1000, sementara unit penyertaan Anda akan terus berubah setiap harinya.

2. Reksa Dana Obligasi
Reksa Dana Obligasi (RDO) adalah reksa dana yang  minimum 80% asetnya harus diinvestasikan pada obligasi baik korporasi maupun pemerintah. Imbal hasil dan resiko pada RDO relatif lebih tinggi dibandingkan RDPU. RDO ditujukan bagi Anda yang konservatif, yaitu Anda yang menginginkan adanya sedikit pertumbuhan nilai pokok investasi dan telah sanggup menerima adanya penurunan nilai investasi sesaat, dan memiliki jangka waktu investasi antara 1 sampai 3 tahun.

3. Reksa Dana Campuran
Reksa Dana Campuran (RDC) adalah reksa dana yang memiliki kebebasan untuk mengatur komposisi asetnya, baik saham, obligasi, maupun instrumen pasar uang. Imbal hasil dan resiko pada RDC relatif lebih tinggi dibandingkan RDO. RDC ditujukan bagi Anda yang bersifat moderat, yaitu Anda yang menginginkan pertumbuhan investasi yang cukup tinggi dan sanggup menoleransi adanya fluktuasi atas nilai investasi, dan memiliki jangka waktu investasi antara 3 sampai 5 tahun.

4. Reksa Dana Saham
Reksa Dana Saham (RDS) adalah reksa dana yang minimum 80% asetnya harus diinvestasikan pada saham. Investasi di RDS merupakan investasi yang paling berisiko, akan tetapi mempunyai potensi pertumbuhan nilai investasi yang relatif paling tinggi dibandingkan semua jenis reksa dana. RDS ditujukan bagi Anda yang bersifat agresif, yaitu Anda yang menginginkan pertumbuhan investasi yang tinggi dalam jangka panjang dan sanggup menoleransi fluktuasi nilai investasi yang cukup tajam, dan memiliki jangka waktu investasi lebih dari 5 tahun.

- Reksa Dana Indeks
Reksa Dana Indeks (RDI) adalah reksa dana yang dikelola untuk mendapatkan hasil investasi yang mirip dengan suatu indeks yang dijadikan acuan, baik itu indeks obligasi maupun indeks saham. RDI mirip seperti Reksa Dana Terbuka, yaitu dapat dibeli dan dijual sewaktu-waktu setiap hari bursa. Pada RDI, minimum 80% asetnya harus diinvestasikan sesuai dengan aset-aset pada indeks acuannya, yang disebut dengan pengelolaan pasif. RDI ditujukan bagi Anda yang menginginkan transparansi atas investasinya dan percaya bahwa pengelolaan secara pasif akan memberikan hasil investasi yang lebih maksimal.

- Reksa Dana Terproteksi
Reksa Dana Terproteksi (RDT) adalah reksa dana yang akan memproteksi 100% pokok investasi nasabah pada saat jatuh tempo. Reksa dana ini memiliki jangka waktu investasi yang telah ditentukan sebelumnya oleh manajer investasi, namun dapat dicairkan sebelum jatuh tempo tanpa jaminan adanya proteksi akan pokok investasi. Berbeda dengan Reksa Dana Terbuka dan Reksa Dana Indeks, Reksa Dana Terproteksi memiliki masa penawaran sehingga Anda hanya dapat membeli Reksa Dana ini pada saat tertentu saja. RDT ditujukan bagi Anda yang bersifat konservatif yang menginginkan imbal hasil yang lebih terukur dalam jangka waktu investasi tertentu.

Wah tampaknya pengetahuan kita sudah lebih bertambah lagi dengan pejelasan yang rinci diatas tadi. Bagaimana apakah anda berminat untuk berinvestasi di Reksa Dana? Semuanya kembali lagi kepada diri anda, karena perencanaan keuangan yang baik akan membuat masa depan anda dan keluarga menjadi cerah.

28 Agustus 2013

Pengertian Reksadana

Anda sudah mengenal reksa dana? apa pengertian reksa dana? untuk apa reksa dana itu? saya mencoba mencari beberapa sumber yang membahas mengenai investasi dan saham. Jika anda coba googling maka dengan mudahnya anda akan temukan pengertian reksa dana dengan kata kunci 'pengertian Reksa Dana'.

Salah satu website yang membahas tentang Reksa Dana adalah bisnisinvestasisaham.com. Saya mencoba menghadirkan artikel tersebut agar anda yang berkunjung ke blog dewa setiawan bisa mendapatkan informasi dan wawasan yang lebih.

Pengertian Reksa Dana menurut pada Undang-Undang Pasar Modal nomor 8 Tahun 1995 pasal 1, ayat (27): “Reksadana adalah wadah yang dipergunakan untuk menghimpun dana dari masyarakat Pemodal untuk selanjutnya diinvestasikan dalam portofolio Efek oleh Manajer Investasi.”

Reksadana ibaratnya adalah sebuah keranjang yang berisi berbagai macam saham yang dimiliki oleh sebuah manager investasi (MI). Saham yang berada didalamnya akan berbeda antara satu reksadana dengan reksadana lainnya, tergantung dari resep masing-masing MI.

MI tersebut akan menjual unit penyertaan mereka kepada masyarakat, dengan membeli unit penyertaan tersebut maka kita mempercayakan pengelolaan dana tersebut kepada mereka. Yang dimaksudkan dengan pengelolaan dana adalah MI akan melakukan transaksi jual beli saham di bursa yang hasil dari pengelolaan mereka akan tercermin dalam harga unit penyertaan yg biasa dikenal dengan NAV / NAB (Nilai Aktiva Bersih).

Berbeda dengan investasi saham, jenis investasi reksadana ini sangat cocok untuk dikelola bagi anda yang memiliki waktu terbatas secara investor strategy dengan menggunakan trading system yang tepat.

Dari definisi di atas, dapat disimpulan bahwa terdapat tiga unsur penting dalam pengertian Reksadana yaitu:

1. Adanya kumpulan dana masyarakat, baik individu maupun institusi
Dengan melakukan pengumpulan dana dari para pemodalnya memungkinkan pemodal-pemodal yang memiliki dana yang minim dapat ikut andil berinvestasi dalam bentuk efek.

2. investasi bersama dalam bentuk suatu portofolio efek yang telah terdiversifikasi
Yang dimaksud dengan efek adalah surat berharga, seperti suratpengakuan utang, surat berharga komersial, saham, obligasi, tanda bukti utang, unit penyertaan, kontrak investasi kolektif, kontrak berjangka atas Efek, dan setiap turunan dari Efek, baik Efek yang bersifat utang maupun yang bersifat ekuitas, seperti opsi dan waran. Portofolio efek yang dikelola oleh reksa danadapat berupa kumpulan dari beberapa jenis efek (tidak hanya sejenis).

3. Manager Investasi dipercaya sebagai pengelola dana milik masyarakat investor
Manager investasi adalah pihak yang kegiatan usahanya mengelola portofolio efek untuk para nasabah atau mengelola portofolio investasi kolektif untuk sekelompok nasabah, tidak termasuk perusahaan asuransi, dana pensiun, dan bank yangmelakukan sendiri kegiatan usahanya berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Manager investasi bertanggung jawab mengelola dana yang terkumpul dalam reksadana dan bertanggung jawab terhadap setiap kegiatan investasi, mulai dari analisis investasi, pengambilan keputusan,  memonitor pasar, atau mengambil tindakan yang sekiranya diperlukan. MI harus mendapat ijin dari Bapepam LK. MI mendapat imbalan jasa dalam bentuk management fee, performance fee, dan entry/exit fee.

Bagaimana? tentunya kini anda lebih mengenal dan bahkan mungkin tertarik dengan yang namanya Reksa Dana. Semoga dengan artikel yang kita bahas ini bisa membuat anda mau melangkah ke tahap berinvestasi untuk masa depan anda.

27 Agustus 2013

Investasi Untuk Masa Depan

Banyak orang yang sudah memikirkan masa depannya dari sekarang. Terbukti dengan mereka mengikutkan dirinya pada asuransi dana pensiun yang dengan harapan kelak saat dia pensiun dapat tenang karena dana yang dibutuhkan telah dipersiapkan. Tetapi kesadaran akan asuransi dana pensiun itu tidaklah dimiliki oleh semua orang. Rata-rata masyarakat yang memiliki kesadaran itu adalah masyarakat dengan tingkat ekonomi menenengah ke atas.

Namun produk investasi yang bisa kita pilih tak hanya terbatas pada produk asuransi saja. Bahkan menurut para ahli keuangan bahwa asuransi sesungguhnya adalah untuk proteksi diri bukan investasi. Namun kini banyak perusahaan asuransi yang menawarkan produk asuransi plus investasi. Kembali pada tujuan utama dari asuransi adalah sebagai sarana untuk memproteksi diri maka tentu saja hasil investasi pada produk investasi itu tidaklah semaksimal yang kita inginkan. berikut ini saya coba berikan beberapa jenis investasi jangka panjang yang mungkin bisa dipertimbangkan untuk dimiliki.
  1. Investasi pada Deposito:  Adalah produk investasi jangka panjang yang bisa anda pilih jika anda memiliki dana yang cukup. Deposito akan lebih baik daripada uang anda hanya ditabung saja. Banyak bank yang memberikan bunga deposito tinggi bahkan higga 6% untuk 12 bulannya. Berapa jumlah minimalnya? tentu saja tergantung keinginan sebarapa besar hasil dari bunga yang anda inginkan, karena semakin besar dana deposito tentu saja semakin tinggi bunganya. Beberapa bank mensyaratkan dana deposito minimal adalah 8 juta saja.
  2. Investasi pada Emas: Emas dianggap produk investasi yang tergolong aman dan dengan resiko kecil dan mungkin hampir tanpa resiko. kenapa? karena harga emas dunia yang cenderung terus meningkat dari tahun ke tahun. Disamping itu harga emas juga tidak terpengaruh oleh inflasi-inflasi. meskipun ekonomi negara sedang tidak baik namun harga emas tetap stabil saja. emas yang saya maksud disini adalah emas batangan bukan emas perhiasan. Emas perhiasan akan diberlakukan potongan sekitar 5% setiap penjualan kembalinya. Namun emas batangan tidak dipotong justru semakin naik harganya. Emas batangan dijual dari 5 gram, 10 gram, 25 gram, hingga 100 gram.
  3. Investasi Properti: harga properti yang mahal menyebabkan tidak semua orang bisa berinvestasi banyak di properti ini. Namun jangan salah, hasil dari bisnis properti ini sangat menjanjikan. Tiap tahun harga produk properti seperti tanah, rumah dll terus meningkat. Peningkatan per tahunnya bisa hingga 100% lebih. investasi jenis ini sangat cocok bagi anda yang bermodal besar. Nantinya properti yang anda miliki bisa disewakan untuk bisa mendapatkan dana pensiun anda.
  4. Investasi Reksadana: Mungkin susah bagi saya untuk menjelaskan ivestasi jenis ini. Namun nantinya saya akan coba update artikel tentang investasi reksa dana ini. Intinya dalah reksa dana dihadirkan bagi para investor yang bermodal kecil. Sehingga investor pas-pasan ini bisa turut memiliki saham-saham perusahaan besar. Investasi ini ada banyak jenisnya (tunggu update saya ya). ada banyak resiko di investasi reksa dana ini antara low risk hingga high risk. namun investasi yang high risk tentunya juga akan high profit.

19 Agustus 2013

Tool penghitung jumlah kata

saya sediakan tool penghitung jumlah kata online bagi anda yang ingin mengetahui jumlah kata dari artikel yang anda telah  buat pada suatu artikel. semoga ini bermanfaat bagi anda yang ingin mengetahui jumlah kata dari suatu artikel baik untuk lomba maupun sekedar iseng. caranya mudah. hanya dengan meng copy seluruh kata di artikel anda kemudian paste di kotak di bawah ini. kemudian klik hitung kata. maka hasilnya akan keluar. semoga bermanfaat salam blogger bali.




13 Agustus 2013

Cara Mengatasi Home Sick

by google images
Pada postingan sebelumnya saya saudah menceritakan tentang penyakit home sick ini. Jika anda yang belum sempat membaca tentang pengertian home sick bisa baca dulu di artikel apa itu home sick?. Nah sedangkan bagi anda yang sudah sempat membacanya, sekarang mari kita bahas bagaimana cara mengatasi penyakit home sick ini.

Gangguan home sick pada diri kita akan menyebabkan performa kerja menurun, badan lemas, tak nafsu makan, pikiran melayang jauh dan banyak pengaruh negatif lainnya. Jadi bagi anda yang bru belajar merantau di negeri orang seharusnya mempersiapkan diri agar terhindar dari penyakit ini.

Mari kita lihat dulu apa sebenarnya akar permasalahan dari penyakit home sick ini? ya benar, penyebab utamanya adalah kerinduan yang amat sangat kepada orang-orang tercinta di tanah air. Rasa rindu yang terpendam karena lama tidak bertemu menyebabkan anda terkena penyakit home sick.

kali ini saya akan membagikan tips bagaimana menghindari atau bahkan bebas dari penyakit home sick ini. Tipsnya adalah sebagai berikut:

1. yang paling utama adalah fokuskan diri anda pada motivasi awal anda bekerja di luar negeri. misalnya untuk merubah kehidupan agar bisa memiliki rumah sendiri. maka anda harus berfokus pada tujuan utama itu. jika anda membiarkan kerinduan akan rumah menyerang dan akhirnya ingin pulang maka pastinya rumah idaman tak mampu anda beli.

2. lakukan komunikasi dengan rutin. yang saya maksud rutin bukan setiap hari, karena setiap hari juga justru bisa menambah rasa rindu itu. misalnya 4 hari atau seminggu sekali hubungi keluarga atau pacar atau siapa saja orang tercinta anda. manfaatkan berbagai social media online.

3. bawa serta foto-foto anda bersama orang tercinta dan tempel di kamar tidur anda. obat rindu yang baik untuk dipandang sebelum tidur.

4. hitung kembali jumlah dollar yang sudah anda terima selama bekerja. bayangkan segala yang anda ingin beli saat bersama orang tercinta nanti maka akan semakin menumbuhkan motivasi anda untuk bekerja. kalau anda tidak menerima uang cash bisa dikumpulin slip gajinya hahaha..

itulah beberapa tips saya mengatasi home sick! semua berdasarkan pengalaman pribadi saya. semoga bermanfaat bagi anda. terutama anda yang ingin bekerja keluar negeri agar bisa mempersiapkan datangnya penyakit ini hahaha...

Apa itu Home Sick?

by google images
Apakah anda pernah mendengar kata Home Sick??? mungkin beberapa dari anda langsung mengatakan iya saya pernah dengar, dan sebagian lagi mengatakan tidak tahu apa itu home sick. Baiklah, saya percaya bahwa anda yang mengatakan pernah dengar home sick pasti anda seorang TKI (Tenaga Kerja Indonesia) yang bekerja jauh dari keluarga.

Home Sick kalau di artikan satu satu maka Home = Rumah, Sick = Sakit, tapi aduh,,, jangan diartikan rumah sakit ya hahaha. Jadi home sick adalah suatu penyakit! ya! ini adalah penyakit yang menyerang para pekerja yang mengadu nasib di luar negeri. Penyakit home sick adalah penyakit yang menyerang TKI saat orang tersebut sangat merindukan keluarganya di rumah hingga dia stress dan tidak bisa bekerja dengan benar.

Bagi pekerja kapal pesiar home sick ini sangat sering melanda kita. Terutama bagi anak kapal yang first contract alias pertama kali naik kapal. Home Sicknya itu berasa banget. bahkan ada yang tidak bisa mengendalikan hingga akhirnya memutuskan untuk pulang. Memang home sick ini sangat menjadi dilema bagi kita yang bekerja di kapal pesiar. namun seharunya dicarikan cara agar bisa mengendalikan diri supaya tetap fokus kerja.

Apa akibat dari home sick ini? banyak sekali pengaruhnya pada diri sendiri juga orang lain di sekitar kita. Saat bekerja kita jadi tidak semangat, selalu termenung, melamun, pikiran kosong, juga mengganggu produktifitas kerja. Jika sudah begitu rekan kerjapun akan turut menderita dibuatnya, karena pekrjaan yang tak kunjung usai.

Seperti halnya penyakit lain di dunia ini, semua pasti ada obatnya. begitupun dengan home sick. home sick bisa diobati dengan beragam cara. sangat mudah diobati jika anda mau dan bertekad untuk bisa sukses menyelesaikan kontrak kerja anda baik di kapal pesiar maupun di darat. mau tau tipsnya? silahkan lanjut membacanya di cara mengatasi home sick

05 Agustus 2013

Petik Strawberry di Bedugul

Bedugul sudah tidak asing lagi bagi para wisatawan yang datang ke Bali. Kebun raya eka karya bedugul merupakan obyek wisata favorite saat ke Bedugul. Namun taukah anda selain berekreasi di kebun raya, berfoto di pura ulun danu beratan, ternyata ada juga aktifitas lain yang bisa anda lakukan bersama keluarga saat berwisata ke bedugul. Petik strawberry sendiri langsung di kebunnya. Kedengarannya menarik bukan?

Kebun petik strawberry sendiri ini banyak tersebar di seputaran kawasan Bedugul. Anda bisa lihat papan namanya yang bertuliskan "petik strawberry". Namun saat kami berkunjung ke bedugul, saya memilih untuk mengunjungi kebun strawberry yang ada di sekitar 300 meter dari obyek wisata pura ulun danu beratan.

Kebun strawberry ini ada di sebelah kanan jalan. Jalan masuknya seperti gang yang pas hanya untuk satu mobil saja. begitu masuk anda akan langsung melihat barisan kebun strawberry yang menanti untuk anda petik. Parkir yang disediakan cukup luas. lokasi kebunnya tepat berada di pinggir danau beratan.

berikut ini Harga Petik Strawberry sendiri di Kebun bedugul:
- Untuk petik strawberry saja anda akan dikenakan biaya Rp 15.000 per orang.
- Untuk petik strawberry dan buahnya langsung dibawa pulang dikenakan biaya Rp 30.000 per kilo

Selain itu kebun ini juga menyediakan kolam pancing. Ada juga restaurant bagi anda yang lelah setelah berkeliling memanen strawberry anda bisa rehat sejenak dan memesan jus strawberry. Dengan hawa bedugul yang sejuk anda akan betah berlama-lama memilih strawberry kesukaan anda.

04 Agustus 2013

Pantai Pandawa, Pesona yang Tersembunyi

Pantai Pandawa atau kalau orang bule sering bilang Pandawa Beach. Dulu tak banyak yang mengenal pantai ini, namun setelah pemerintah mulai membangun akses jalan yang baik ke arah pantai pandawa ini maka kini banyak wisatawan yang berkunjung ke Pantai pandawa ini.

Pada masa-masa liburan saya yang berlangsung kurang lebih hanya 2,5 bulan ini saya selalu disibukan dengan kegiatan berlibur di tempat-tempat wisata sekitar Bali. Maklum saja sudah sekitar 8 bulan saya tinggalkan si doi karena bekerja di kapal pesiar. Pada hari minggu kami putuskan untuk berkunjung ke pantai Pandawa. Jujur saja awalnya saya tidak mengetahui letak pantai ini. Namun yang kami ketahui dari teman hany lokasi nya yang berada di Nusa dua, dekat kampus udayana.

Dimana lokasi pantai Pandawa Bali? bisa ditunjukan arah menuju pantai pandawa?
tenang saja kawan, dengan senang hati saya akan memberikan petunjuk arah menuju ke lokasi pantai pandawa yang indah dan masih virgin ini.

ok mari kita mulai saja,
  1. langkah pertama adalah menemukan letak kampus universitas udayana di kawasan bukit! kampus ini sangat terkenal di Bali. jika anda bukan orang bali maka tanyakan saja pada masyarakat setempat maka akan ditunjukan arah ke kampus.
  2. setelah itu ikuti jalan masuk ke kampus terus saja lurus hingga menemukan pertigaan. yang belok kiri ada tulisan jalan goa gong! sebenarnya bisa lewat jalan goa gong tapi kali ini kami lewat jalan lain. jadi anda harus belok kanan di pertigaan itu. (arah menuju GWK)
  3. setelah anda melewati GWK (Garuda Wisnu Kencana) terus saja lurus hingga bertemu perempatan kemudian belok kiri. ikuti jalan terus saja.
  4. kemudian anda akan mendapati pertigaan. belok saja ke kiri dan ikuti jalan terus lurus.
  5. setelah itu anda harus perhatikan ada papan nama besar bertuliskan kantor lurah desa kutuh. dipapan itu juga ada tanda panah ke kanan. jadi anda harus belok kanan.
  6. kemudian anda hanya tinggal lurus saja terus ikuti jalan dan anda akan bertemu perempatan dengan jalan raya yang sangat besar. dari perempatan itu anda hanya perlu lurus saja dan sampailah ke pantai pandawa bali yang indah itu.
di kanan kiri jalan masuk pantai anda akan melihat tebing tebing yang dipotong sebagai jalur masuk ke pantai pandawa. bentuknya sangat indah. proyek pengerjaannya masih berjalan hingga saat ini. Di jalanan menurun menuju pantai anda akan melihat patung panca pandawa yang begitu besar dan indah berada di tebing! asyik juga buat foto-foto. Pada saat kami kesana tampak para pedagang yang masih menjual dagangan berupa minuman ringan pada lapak kecil saja. Namun di pinggir pantai pembangunan kios-kios pedagang mulai berjalan. sepanjang bibir pantai ada sun bed besrta payung besarnya yang bisa anda sewa. ada juga kano yang bisa digunakan oleh putra putri anda untuk ber olahraga air. 

cari artikel menarik disini