09 September 2013

Apa itu Penyakit Liver?

Mungkin banyak dari kita yang belum mengenal penyakit liver. Atau bisa saja anda berkata sudah pernah dengar tentang penyakit liver. Apa penyakit liver itu? Bagaimana ciri-ciri seseorang yang terkena penyakit liver? dan bagaimana penanganan dan pencegahan penyakit liver? semuanya akan coba saya bahas dalam beberapa postingan tentang kesehatan ini.

Awal saya ingin mengetahui tentang penyakit liver ini adalah ketika paman saya menderita penyakit hernia dan harus dioprasi di rumah sakit umum daerah Bangli Bali. Namun setelah operasinya berkalan aman dan lancar ternyata masih ada komplikasi penyakit lain yang diderita paman saya itu. Perutnya mulai membesar dan dari hidungnya mengeluarkan semacam cairan kuning kental agak kecoklatan. Setelah diadakan USG dan berbagai macam test akhirnya diketahui bahwa paman saya terdapat gangguan pada hatinya. Bisa jadi itu adalah penyakit liver.

Penyakit liver adalah penyakit yang disebabkan oleh peradangan hati. Hati manusia apabila terdapat gangguan seperti infeksi karena sebab-sebab tertentu bisa disebut sebagai penyakit hati atau liver. Penyakit liver ini tergolong penyakit yang susah diobati. Bisa diobati namun perlu waktu yang cukup panjang untuk mengembalikan kondisi hati. Bahkan jika hati sudah tidak dapat berfungsi dengan baik ada pasien yang sampai melakukan transplantasi hati.

Hati manusia berfungsi sebagai alat pemisah antara zat gizi dari makanan dengan racun dalam sistem pencernaan manusia. Seluruh komponen makanan yang dicerna manusia akan terdiri dari zat gizi, nutrisi, vitammin, mineral diproses oleh hati sebelum di serap oleh usus manusia. Hati manusia diperkirakan memiliki berat sekitar 2 kg dilengkapi banyak fungsi dan kewajiban dari kinerja hati itu sendiri. Hati bertugas untuk mengatur komponen lemak yang berasal dari berbagai jenis makanan yang kita konsumsi setiap hainya, serta mengatur gula dan protein yang terdapat dalam darah. Selain itu hati juga berkewajiban untuk menghancurkan dan membuang toksin atau racun dari darah yang kemudian dikeluarkan melaui feses.

Bagi anda yang ingin tau bagaimana ciri-ciri orang yang terkena penyakit hati atau liver ini bisa membaca artikel saya yang ada disini

Artikel Terkait Lainnya Seputar:



0 komentar:

Posting Komentar

cari artikel menarik disini