27 Agustus 2013

Investasi Untuk Masa Depan

Banyak orang yang sudah memikirkan masa depannya dari sekarang. Terbukti dengan mereka mengikutkan dirinya pada asuransi dana pensiun yang dengan harapan kelak saat dia pensiun dapat tenang karena dana yang dibutuhkan telah dipersiapkan. Tetapi kesadaran akan asuransi dana pensiun itu tidaklah dimiliki oleh semua orang. Rata-rata masyarakat yang memiliki kesadaran itu adalah masyarakat dengan tingkat ekonomi menenengah ke atas.

Namun produk investasi yang bisa kita pilih tak hanya terbatas pada produk asuransi saja. Bahkan menurut para ahli keuangan bahwa asuransi sesungguhnya adalah untuk proteksi diri bukan investasi. Namun kini banyak perusahaan asuransi yang menawarkan produk asuransi plus investasi. Kembali pada tujuan utama dari asuransi adalah sebagai sarana untuk memproteksi diri maka tentu saja hasil investasi pada produk investasi itu tidaklah semaksimal yang kita inginkan. berikut ini saya coba berikan beberapa jenis investasi jangka panjang yang mungkin bisa dipertimbangkan untuk dimiliki.
  1. Investasi pada Deposito:  Adalah produk investasi jangka panjang yang bisa anda pilih jika anda memiliki dana yang cukup. Deposito akan lebih baik daripada uang anda hanya ditabung saja. Banyak bank yang memberikan bunga deposito tinggi bahkan higga 6% untuk 12 bulannya. Berapa jumlah minimalnya? tentu saja tergantung keinginan sebarapa besar hasil dari bunga yang anda inginkan, karena semakin besar dana deposito tentu saja semakin tinggi bunganya. Beberapa bank mensyaratkan dana deposito minimal adalah 8 juta saja.
  2. Investasi pada Emas: Emas dianggap produk investasi yang tergolong aman dan dengan resiko kecil dan mungkin hampir tanpa resiko. kenapa? karena harga emas dunia yang cenderung terus meningkat dari tahun ke tahun. Disamping itu harga emas juga tidak terpengaruh oleh inflasi-inflasi. meskipun ekonomi negara sedang tidak baik namun harga emas tetap stabil saja. emas yang saya maksud disini adalah emas batangan bukan emas perhiasan. Emas perhiasan akan diberlakukan potongan sekitar 5% setiap penjualan kembalinya. Namun emas batangan tidak dipotong justru semakin naik harganya. Emas batangan dijual dari 5 gram, 10 gram, 25 gram, hingga 100 gram.
  3. Investasi Properti: harga properti yang mahal menyebabkan tidak semua orang bisa berinvestasi banyak di properti ini. Namun jangan salah, hasil dari bisnis properti ini sangat menjanjikan. Tiap tahun harga produk properti seperti tanah, rumah dll terus meningkat. Peningkatan per tahunnya bisa hingga 100% lebih. investasi jenis ini sangat cocok bagi anda yang bermodal besar. Nantinya properti yang anda miliki bisa disewakan untuk bisa mendapatkan dana pensiun anda.
  4. Investasi Reksadana: Mungkin susah bagi saya untuk menjelaskan ivestasi jenis ini. Namun nantinya saya akan coba update artikel tentang investasi reksa dana ini. Intinya dalah reksa dana dihadirkan bagi para investor yang bermodal kecil. Sehingga investor pas-pasan ini bisa turut memiliki saham-saham perusahaan besar. Investasi ini ada banyak jenisnya (tunggu update saya ya). ada banyak resiko di investasi reksa dana ini antara low risk hingga high risk. namun investasi yang high risk tentunya juga akan high profit.

Artikel Terkait Lainnya Seputar:



0 komentar:

Posting Komentar

cari artikel menarik disini