29 Juni 2012

Tips Booking Hotel Saat High Season

from google.com
musim liburan seperti liburan sekolah, tahun baru, libur natal dsb semuanya menyebabkan segala kebutuhan wisatawan di daerah pariwisata semakin meningkat. musim liburan seperti ini biasa dinamakan high season oleh pelaku bisnis pariwisata.

salah satu hal yang paling anda butuhkan saat berwisata adalah tempat menginap. lalu bagaimana jika anda berlibur di musim high season dan anda akan susah sekali untuk booking hotel. berikut ini saya akan sampaikan beberapa tips booking hotel saat high season yang mungkin dapat bermanfaat untuk anda:

1. jangan pernah menjadi walk in guest pada saat high season! anda pasti sulit untuk mencari penginapan.
2. Jika anda sudah tahu tanggal pasti liburan anda, usahakan untuk sesegera mungkin melakukan booking hotel di daerah tujuan.
3. pada saat high season harga yang hotel-hotel berikan akan naik. selalu pastikan anda mencari hotel dengan fasilitas yang sesuai dengan harapan liburan anda. buat apa murah tapi liburan anda dan keluarga menjadi tak nyaman? jadi, jangan terlalu mempermasalahkan harga pada saat high season.
4. gunakan website dari hotel tersebut untuk melakukan pembookingan agar bookingan terjamin dan setidaknya anda dapat mengexploref fasilitasnya sebelum booking. googling saja, mbah google gak akan pelit walau high season :-)
5. saran terakhir dan yang saya rasa utama adalah gunakan online booking portal. kenapa? karena online booking portal telah bekerjasama dengan pihak hotel sehingga biasanya akan mendapatkan jatah kamar tersendiri untuk mereka jual dan harganyapun akan lebih murah dari harga publish di website asli hotelnya. yang saya sarankan adalah AGODA. kenapa harus agoda? karena agoda memberikan jaminan harga terbaik untuk pelanggannya. jadi harga tidak akan bisa berubah tiba-tiba saat anda check in. kemudahan pembayaranya yang bisa dengan credit card, visa, master, amex bahkan dengan uang virtual seperti paypal. bagi anda pebisnis online tentunya paypal adalah bank sahabat anda bukan? kini anda bisa menggunakan paypal anda untuk bertransaksi di agoda. selengkapnya tentang agoda bisa di klik disini

28 Juni 2012

ini akan menjadi blog travel

from google.com
latar belakang pendidikan saya adalah pariwisata. pariwisata seakan telah menjadi bagian dari kehidupan saya, selain sebagai sumber penghasilan, pariwisata juga memberikan passion tersendiri ke diri saya. dengan dukungan pulau bali yang memang telah dikenal sebagai destinasi pariwisata dunia akhirnya bakat saya di dunia jasa pariwisata bisa berkembang dan tersalurkan dengan baik.

salah satu lini bisnis pariwisata yang kini sedang saya tekuni adalah bisnis online bali travel. dengan support dari komunitas pekerja pariwisata yang profesional akhirnya secara perlahan tapi pasti online travel ini mulai menunjukan perkembangannya di usia yang telah menginjak 1,5 tahun ini.

atas saran dari beberapa master di dunia bisnis online, akhirnya saya memutuskan untuk bisa mensinergikan antara blog dengan website travel saya. tujuannya agar semakin meningkatkan trafik kunjungan ke website saya itu.

pertimbangan yang tak kalah pentingnya adalah apakah saya harus membuat blog baru? namun sepertinya hal itu butuh waktu lebih banyak lagi untuk mendesign dan membuatnya terindeks di mesin pencari ternama seperti google.com, yahoo.com dsb..

nah karena dewasetiawan.blogspot.com telah memiliki trafik kunjungan yang lumayan banyak per harinya, saya lebih tertarik menjadikan blog dewasetiawan.blogspot.com ini sebagai blog wisata yang akan mendukung website travel saya.

disamping itu banyak, banyak informasi yang bisa saya share dengan menggunakan blog ini kepada pengunjung setia web travel saya. mungkin saya akan memikirkan lagi bagaimana sebaiknya konsep blog ini. namun sepertinya keinginan saya lebih mengarah ke menjadinkannya blog travel.


06 Juni 2012

2 Patung Singa Hiasi Angkul-Angkul

tampak depan angkul-angkul
postingan ini mungkin sudah terlambat jika dilihat faktanya kalau kedua singa yang garang itu telah berada di depan pintu rumah saya yang ada di bangli. Namun tentunya tidak ada kata terlambat untuk selalu berbagi cerita dengan teman blogger dan netter semua.

Pintu masuk dengan ciri khas beragam ukiran style bali bagi orang bali di sebut sebagai angkul-angkul. Kebetulan keluarga kami sedang membuat angkul-angkul baru di rumah keluarga yang ada di Desa Susut kabupaten Bangli.

ketika angkul-angkul itu hampir jadi, ayah saya (ajik) mengusulkan ke paman-paman di kampung agar di berikan hiasan berupa patung singa. ternyata usulan itu tak langsung dapat diterima oleh mereka, ada yang mengusulkan untuk dipasangi hiasan patung anjing. tapi menurut pemangku, patung anjing biasanya di pura-pura dan tidak boleh di pekarangan rumah.

ada juga yang takut jika di suatu hari nanti karena aura magis maka patung itu bisa hidup dan memakan (secara kasat mata) keluarga kita. hahaha.. namanya juga di desa. banyak ha yang kadang tak bisa saya mengerti dan kadang tak masuk akal. namun begitulah tradisi adat bali. penuh dengan aroma mistik dan magis.

namun akhirnya diputuskan boleh menghiasi angkul-angkul dengan patung singa. asalkan singa yang dijadikan patung merupakan singa hutan dan tidak akan mengakibatkan hal buruk ke keluarga kami selama singa tersebut menghadap ke arah barat.

ayah saya kemudian memesannya di desa batubulan. ada pengerajin patung yang bernama 'pak de' yang mengerjakan patung kami tersebut. hasilnya sungguh luar biasa. patung itu seperti hidup. tampak begitu sangar dan garang dengan taringnya yang terlihat tajam hihihi..

si pak de
saya sempat tanyakan berapa berat satu patung itu. dan pak de memberitahu saya bahwa berat satu patung itu kurang lebih 1 ton. menempatkan kedua patung itu juga harus hati-hati dan dengan teknik khusus. jika tidak maka hancurlah sudah karya si pak de, sungguh luar biasa.

cari artikel menarik disini