16 Februari 2012

Resign Setelah Setahun Kerja di Hotel

pilihan yang sulit sebenarnya. antara melanjutkan karir di hotel bintang lima atau rehat sejenak untuk memulihkan kondisi badan yang kian melemah akibat seringnya begadang. sebenarnya masih ingin bekerja di hotel itu sebagai room service waiter. tapi, banyak alasan dan pertimbangan yang dipikirkan aleh kedua orang tua saya dan tentunya pertimbangan diri sendiri.

hal yang paling mendasar sebenarnya adalah keinginan untuk fokus terhadap upacara dewa yadnya yang akan keluarga besar saya rencanakan di 2 bulan mendatang. tapi kenapa mesti resign? begitu kata supervisor saya di hotel. memang sulit utuk dijelaskan. tapi begini gambarannya, walaupun berjulukan keuarga besar, namun sebenarnya keluarga besar yang saya miliki hanya terdiri dari 8 pria yang itu sudah termasuk saya sendiri. tentunya kami dibantu oleh sanak keluarga yang ada di sekitar. meski begitu, hal-hal pokok seperti persiapan perlengkapan, renovasi pura keluarga (Merajan), Pembelian bahan dll harus dilakukan dan direncanakan oleh keluarga inti. ya, katakanlah saya tidak berperan penting dalam hal-hal menyangkut bebantenan. namun dalam keluarga besar saya, hanya saya seorang yang menempuh pendidikan hingga kuliah. kini tugas untuk mengatur keuangan upakara yang diperkirakan menghabiskan dana sekitar  70-80 juta itu dibebankan kepada saya. tentunya saya sendiri harus mulai membuat perencanaan bagaimana siklus keluar masuknya uang dan terus memberikan update dana agar transparant.

mungkin upacara dewa yadnya di pura keluarga saya ini akan berlangsung kurang lebih sebulan. namun persiapannya mencapai dua bulan. belum lagi tamu undangan yang rencananya akan hadir adalah pejabat tinggi daerah dan juga penglingsir (orang yang dituakan) dalam salah satu Puri di Bali yang juga turut hadir membuat kami harus mempersiapkan diri dengan matang.

alasan kedua adalah datang dari keinginan saya bekerja di Kapal Pesiar. dari bulan lalu saya telah menghadiri beberapa sesi interview dan astungkara semuanya lulus dengan memuaskan. dan yang terakhir saya telah bertemu dengan user dari kapal tersebut dan sekali lagi astungkara posisi yang beliau berikan lumayan bagus untuk awal berkarir di kapal pesiar (cruise line). kini hanya tinggal pendidikan ke jakarta dan mengurusi dokumentasi melaut. pertimbangan saya dan keluarga adalah sembari ngayah di Merajan saya bisa punya  banyak waktu untuk mengurusi dokumen. tanpa harus terbebani oleh schedule kerja di hotel.

meskipun belum tentu setelah dokumen selesai saya bisa langsung berangkat, tapi setidaknya dengan berhenti sejenak dari rutinitas kerja di hotel maka saya bisa mengerjakan dua hal penting sekaligus. walaupun saya tau dampaknya adalah kantong yang akan terus menipis karena tidak adanya pemasukan. itu bukanlah masalah besar, karena saya tidak beristirahat lama. mungkin hanya 3 bulan. setelah semua urusan baik urusan dengan leluhur dan ida sang hyang widhi wasa ataupun urusan di agent kapal sudah selesai, maka saya akan mencari pekerjaan lagi. tentunya sembari menunggu job letter saya datang :-)

memang pilihan yang susah, tetapi hidup memang harus selalu memilih. jika bingung untuk memilih, maka gunakanlah pilihan hati kalian untuk hidup :P

14 Februari 2012

Valentine di Kebun Raya

hari ini hari kasih sayang uieyy..! semua orang pada borong coklat dan tentunya biar keliatan romantis pasti membeli seikat bunga mawar yang harganya sudah mencapai 5-7 ribu setangkai. pasangan muda banyak yang menikmati hari ini dengan jalan-jalan kesana kemari tapi lebih banyak nyari tempat yang sepi dan adem. walapun adem, kadang mendadak bisa hot loo.. hahaha.. taulah maksudnya.

hari ini dapet libur nie, pas banget bisa request libur di hari valentine. yaa setidaknya si doi gak kecewa :-) pilihan tempat jalan jalan sudah ku bebaskan padanya. mau kemana aja pasti akan ku antar (kalau ada bensin). nah.. dia ngajak ke kebun raya eka karya nieh wah.. seru juga kayaknya :-)

sampai disana ternyata pengunjung nggak terlalu ramai. tapi semakin sore bukannya tambah sepi eh.. malah ramai di samperin sama muda mudi yang lagi kasmaran. sampai disana kita cari tempat buat duduk-duduk. masalahnya cari tempat yang pass mantap itu susah banget :D di setiap sudut sudah dihuni oleh dua sejoli yang dari kejauhan terlihat nempel (tau ah ngapai mreka kwkw..)

tak lama tempat yang rindang dibawah pohon besar banget kita duduk berdua. awalnya takut kesambet, soanya tempat itu agak nyeremin haha,, tapi ya kita ijin aja dech.. trus mulai dah kita ngobrol ngalor ngidul. ternyata si doi nyiapin kado buat aku :P pas mau buka disana eh.. gak dikasi. malah buat penasaran aja nie si cantik. tapi ya sudah lah.. hihi tak mau kalah, hadiah ku pun mulai ku sodorkan padanya. hadiahnya apa? mau tau.. ihhh.. mau tau aja dech.. rahasia dunkz :-)

sekitar 3 jam kami bermesraan disana :D berkeliling melihat aneka tanaman yang belum pernah kami lihat sebelumnya. menikmati suasana sejuk dan menghirup oksigen sebanyak banyaknya yang belum tentu di kota bisa dapat oksigen semurni ini.

pokoknya suasana di kebun raya bedugul itu pas banget buat pasangan muda maupun keluarga yang seneng nikmatin wisata alam. tiketnya cuman 7 ribu per kepala. parkir 2 ribu. udah dech.. sisanya (tempat, kursi, oksigen, pemandangan dll) gratisss..


05 Februari 2012

Tragedi Costa Concordia Tak Patahkan Semangat Pelamar

musibah itu bisa datang untuk siapapun, dimanapun dan kapanpun. itu adalah hukum mutlak sama halnya dengan hukum gravitasi bumi. jika anda seorang presidenpun, jika jatuh dari lantai 20 maka anda akan menubruk tanah hingga tewas.

mungkin itu juga yang dirasakan oleh kapal pesiar MS.Concordia yang mengalami musibah di italia. kapal pesiar mewah yang memiliki mesin modern dan navigasi canggih ternyata tak luput dari kecelakaan. terlepas dari kontroversi human error yang dilakukan oleh sang kapten.

ternyata kejadian yang menimpa kapal pesiar costa tersebut tidak pernah menyurutkan niat para pemuda bali untuk melamar pekerjaan di kapal pesiar. terbukti ketika PT. Meranti Magsaysay yang merupakan agent resmi untuk perusahaan Costa mengadakan perekrutan pekerja kapal pesiar, terlihat antusiasme yang masih seperti sebelum adanya tragedi Concordia.

pagi ini tampak kantor PT. Meranti Magsaysay Bali yang berlokasi di Istana Kuta Galeria begitu penuh sesak oleh calon pelamar. Komang yang merupakan salah satu pelamar yang saya temui disana mengaku telah datang jauh-jauh dari penglipuran dan menunggu dari jam tujuh pagi (sebelum kantor buka).

Meranti merencanakan untuk melaksanakan final interview hingga 9 february 2012. di hari pertama saja sudah begitu banyak yang melakukan interview, apalagi di hari-hari selanjutnya. ini menunjukan tragedi itu bahkan tak sedikitpun menggoyahkan semangat mereka untuk melamar di perusahaan yang sama yaitu Costa.

begitulah seharusnya semangat dan mental baja yang ada pada para pemuda kita. persaingan global akan sangat membutuhkan orang yang profesional dan tekun. jika kita hanya terdiam dan tidak bertindak untuk masa depan diri dan bangsa, apa kata dunia?? :-)

Sumber foto:
1. cruise-international.com
2. google.com

cari artikel menarik disini