08 Agustus 2012

Tips Saat Bertemu Pengemis

foto by google.com
gelandangan dan pengemis dipelihara oleh negara. begitu bunyi undang-undang republik indonesia. namun masalah gelandangan dan pengemis ini bukanlah masalah yang mudah untuk dicarikan jalan keluarnya. pemerintah tidak diam saja. pemerintah telah mengeluarkan banyak kebijakan untuk atasi tingginya angka kemiskinan di indonesia.

kota-kota besar merupakan daerah yang penuh dengan dilema. di satu sisi kemajuan daerah jika dilihat dari pembangunan dan infrastruktur yang ada tampaknya sudah baik. namun disisi lain, pinggiran-pinggiran kota kadang juga dijejali oleh pemukiman kumuh. pengemis yang berkeliaran di pinggir jalan dan pengamen yang selalu ada di lampu merah kota.

bali sebagai daerah tujuan pariwisata duniapun tak luput dari serangan pengemis ini. banyak pengemis yang terlihat di lampu-lampu merah kuta. rasa kasihan dan iba melihat pengemis yang masih anak-anak mendorong kita untuk memberikan rupiah kepadanya. namun sepertinya pengemis-pengemis ini sudah seperti memiliki jaringan yang terorganisir.

keputusan memberi tidaklah mutlak salah. namun tidak juga dibenarkan. saya katakan tidak salah karena perasaan memberi merupakan respon dari rasa kemanusiaan kita. namun hal itu bisa salah, karena jika kita semakin terus memberikan uang kepada mereka, maka kita sama saja mendidik mereka untuk menjadi pengemis abadi dan mendatangkan pengemis-pengemis baru.

memang masalah pengemis ini menjadi dilema bagi kita semua. namun kali ini saya berbagi sedikit tips saat bertemu pengemis.

1. kalau merasa iba, jika pengemis itu anak-anak sebaiknya jangan berikan dia uang. hal itu sama saja mendidik anak itu untuk memiliki mental miskin. berikan saja dia jajanan atau permen sembari menasehati untuk tidak mengemis kembali (meskipun tidak dihiraukan) hahaha..

2. kalau iba lagi, bisa memberikan barang yang sudah tidak kamu butuhkan tetapi masih layak. contohnya baju, topi, celana atau apa saja yang mungkin berguna untuk mereka. akan lebih baik dari pada memberikan uang.

3. kalau bisa lebih baik jangan memberi karena jika semakin memberi mereka akan semakin nyaman menjadi pengemis dan pengemis pun semakin merajalela.

sekian dulu tips saat bertemu pengemis hahaha :-P semoga bermanfaat.

Artikel Terkait Lainnya Seputar:



0 komentar:

Posting Komentar

cari artikel menarik disini