31 Agustus 2012

Resep Tape Ketan Bali yang Manis Banget

by google image
Tape merupakan jajanan yang lumrah untuk masyarakat Indonesia. Banyak ragam tape yang di hasilkan dari bahan dasar yang berbeda-beda. Yang paling terkenal adalah tape singkong. Tentunya terbuat dari singkong yang di kukus terlebih dahulu kemudian langsung ke proses peragian hingga menjadi tape.

Dalam menyambut perayaan Galungan dan Kuningan, para ibu-ibu di Bali banyak yang membuat tape. Namun tape yang mereka buat bukanlah tape singkong. Tape ini terbuat dari beras ketan. Kenapa mereka membuat tape? hal ini karena beberapa hari sebelum galungan ada yang disebut dengan hari 'penapean' yang merupakan hari dimana para ibu membuat tape.

Tidak hanya itu, ada juga hari 'penyajaan' yang merupakan hari bagi para ibu untuk mulai menggoreng jajanan mereka untuk sarana upacara di hari raya Galungan.

Tradisi yang begitu kental dengan sentuhan religius membuat tape ketan ini seakan tak pernah lepas dari perayaan galungan itu sendiri. Hampir dapat dipastikan jika kita berkunjung ke rumah-rumah warga umat hindu terutama yang di pedesaan, maka tape ketan ini akan turut disuguhkan.

Lalu bagaimana cara membuat tape ketan ini? Bahan yang digunakan dan proses pembuatannya tergolong sederhana. bahkan cukup simple bagi kamu yang super sibuk :-)

Siapkan terlebih dahulu bahan-bahan dibawah ini.

1. Beras ketan
2. Gula pasir
3. Ragi (biasanya berbentuk seperti tablet, gunakan 1/2 bagian untuk 1,5 Kg Beras Ketan)
4. Daun pisang
5. Strapless

Proses pembuatan tape ketan ala Bali :

1. Pertama-tama yang harus kamu lakukan adalah mencuci beras ketan tersebut hingga bersih.

2. Kemudian beras ketan dikukus. Usahakan agar tidak terlalu mentah dan tidak juga terlalu kematangan dalam mengukusnya.

3. Angkat kukusan beras ketan tadi, kemudian dinginkan. jangan lupa untuk sedikit mengaduk beras ketan yang baru matang tadi agar tidak menggumpal.

4. Setelah dingin sekarang kamu bisa tambahkan gula pada beras ketan tadi. aduk hingga merata. takaran gula bisa kamu sesuaikan dengan selera kamu. (jangan banyak-banyak, ntar diabetes hahaha)

5. Nah proses yang menentukan berhasilnya pembuatan tape ketan ini adalah pemberian ragi. ingat. pengalaman adalah guru yang paling berharga. untuk yang pertama coba saja kira-kira taburkan ragi secukupnya. *jangan kebanyakan! nanti hasilnya malah tape ketan bisa kuning atau masam karena terlalu banyak ragi. hihihi :-)

6. Dan yang terakhir adalah membungkus si tape ketan dengan daun pisang. oh ya, kamu harus jemur dulu daun pisangnya agar tidak kaku alias renyah alias very crispy saat kamu lipat untuk membungkus si tape ketan hahaha...

7. Kamu bisa menggunakan strapless untuk penjepit daun pisang. kemudian simpan hingga 1-2 hari sebelum akhirnya siap untuk disajikan.

Nah, ayo kalian coba resep membuat tape beras ketan ala Bali ini, pastinya akan memperkaya pengetahuan kamu tentang kuliner indonesia. selamat mencoba, semoga berhasil hahaha

salam sukses

Artikel Terkait Lainnya Seputar:



3 komentar:

Posting Komentar

cari artikel menarik disini