10 Agustus 2012

Menyambut Hari Raya Galungan dan Kuningan

hari berjalan begitu cepat. tak terasa perayaan galungan di 6 bulan yang lalu telah berakhir dan kini akan segera menyambut galungan dan kuningan tahun 2012. Hari Raya galungan yang jatuh pada tanggal 29 agustus 2012 ini merupakan hari raya besar yang dirayakan oleh seluruh umat hindu di Bali.

Seperti halnya agama islam yang merayakan lebaran sebagai simbolisasi dari hari kemenangan, maka umat hindu di Bali juga memiliki hari kemenangan dharma melawan adharma yang disebut hari raya galungan. Hari raya galungan di laksanakan oleh umat hindu di Bali setiap 6 bulan sekali. menyusul 10 hari berikutnya adalah hari raya kuningan (8 September 2012).

kapan hari raya galungan pertama kali dirayakan?? berdasarkan lontar purana bali dwipa, di jelaskan seperti ini:
"Punang aci galungan ika ngawit bu, ka, dungulan sasih kacatur tanggal 25, isaka 804, bangun indra bhuwana ikang bali rajya"

yang berarti bahwa, Perayaan hari raya suci Galungan pertama adalah pada hari Rabu Kliwon, wuku Dungulan sasih kapat tanggal 15 (purnama) tahun 804 saka, keadaan pulau Bali bagaikan lndra Loka".

Semenjak saat itu hingga kini umat hindu Bali terus melaksanakan hari raya galungan ini. Di setiap pura yang ada di desa-desa adat di Bali, masyarakatnya akan menghaturkan banten (sarana upacara) sebagai wujud rasa terimakasih kita terhadap Ida Sang Hyang Widhi Wasa. Biasanya yang paling sibuk adalah ibu-ibu. Para ibu akan menyiapkan segala perlengkapan upacara galungan 3-7 hari sebelum galungan.

Apa saja ya jenis-jenis galungan?
ternyata hari raya suci galungan itu memiliki beberapa jenis sesuai dengan situasi dan kondisinya. macam-macam galungan adalah sebagai berikut:

1. Galungan
dari lontar sundari gama disebutkan bahwa hari buda kliwon wuku dungulan disebut hari raya galungan.

2. Galungan Nadi
Galungan Nadi adalah hari raya galungan yang tepat jatuh pada saat bulan purnama. Pada galungan nadi ini, umat hindu akan melaksanakan upacara dengan lebih meriah dan tingkat spiritualitasnyapun lebih tinggi.

3. Galungan Naramangsa
Galungan Naramangsa adalah apabila Galungan jatuh pada Tilem Kapitu dan sasih Kasanga rah 9, tengek 9, tidak dibenarkan merayakan hari raya Galungan dan menghaturkan sesajen berisi tumpeng seyogyanya umat mengadakan caru berisi nasi cacahan dicampur ubi keladi, bila melanggar akan diserbu oleh Balagadabah. Mengenai Galungan Naramangsa ini ada di Lontar Sanghyang Aji Swamandala.

sepertinya galungan agustus ini merupakan galungan biasa. bukan berarti saya rayakan dengan biasa saja! tapi saya selalu gunakan untuk sarana mengintrospeksi diri agar bisa lebih maju di hari depan. Hari raya galungan agustus tahun 2012 sudah dekat nie.. ayo kawan hindu bali dan indonesia, kita bersiap-siap merayakannya dengan hikmat.

Tag: galungan, hari raya galungan, makna galungan, hari raya hindu, adat bali, hindu bali.

Artikel Terkait Lainnya Seputar:



0 komentar:

Posting Komentar

cari artikel menarik disini