28 Juli 2012

Wisata Hutan Mangrove Center Bali

foto from google.com
tak kenal maka tak sayang, begitu kata pepatah yang orang bijak sering ucapkan ke kita. begitu juga dengan tanaman bakau/mangrove itu. Untuk lebih kenal dan lebih bisa menyayangi hutan mangrove maka mari kita bersama-sama berwisata ke Mangrove Center Bali. Hutan Bakau di Bali sendiri sampai saat ini terawat cukup baik meskipun banyak isu tentang alih fungsi lahan di kawasan hutan mangrove di Bali.

Mangrove Center Bali yang terletak di kawasan Suwung Kauh, Denpasar Bali (JL. Bypass Ngurah Rai). dari perempatan benoa (pesanggaran) kamu tinggal lurus. nah di kiri jalan akan ada pelang besar yang berisi foto mangrove.

foto by google.com
memasuki jalan aspal yang cukup baik dan di kiri kanan kita terdapat tanaman mangrove yang rimbun membuat saya seperti memasuki sebuah desa terpencil (padahal masih di tengah kota). Gampang saja, ikuti jalan aspalnya kemudian sampailah kamu di parkir hutan mangrove bali (bali mangrove center).

setelah memarkirkan kendaraan, kemudian saya mulai berjalan dengan penuh rasa antusias ingin mengetahui ada keindahan apa dibalik mangrove disini. harga tiket cukup murah. hanya Rp 5000/orang kamu bisa masuk dan berkeliling hutan mangrove sampai puas.

berada di tengah hutan mangrove

saat mulai masuk hutan, yang banyak saya lihat adalah kepiting kecil yang lucu-lucu. mereka terlihat begitu bahagia bersama kelompoknya berada di sekitar akar pohon mangrove. daerah hutan mangrove bali ini ternyata dikelilingi oleh air laut. jadi untuk memudahkan wisatawan berkeliling, dibuatlah jalan setapak seperti jembatan yang terbuat dari kayu. asyik memang rasana berkeliling, namun kadang kita harus loncat-locat untuk menghindari jalan yang terputus akibat kayunya sudah temakan usia (pemerintah harus perhatiin nie).

foto by google.com
ada banyak spot-spot untuk rehat dan berteduh bagi wisatawan. namun yang paling menarik perhatian saya adalah bangunan bertingkat seperti gazebo yang terbuat dari kayu. karena penasaran saya segera naik ke atas. ternyata dari spot ini saya bisa melihat hamparan pohon bakau yang hijau. spot ini bagus untuk foto-foto narsis bareng temen atau pasangan kamu.

wisata sambil belajar

di beberapa pohon terdapat penjelasan tentang pohon mangrovenya. mulai dari nama latin, jenis, habitat dll. semuanya lengkap ada di papan pengumuman itu. ini mungkin bertujuan agar mongrove center bali juga bisa dimanfaatkan bagi mahasiswa untuk melakukan penelitiannya.

Proyek pengembangan pengelolaan hutan mangrove dibantu oleh Pemerintah Jepang melalui Japan International Cooperation Agency (JICA) dalam melaksanakan proyek pada tanggal 4 November 1992 sampai dengan tahun 1999. 

tempat ini keren menurut saya. bagian yang paling pentingnya adalah bagaimana kita bisa memupuk rasa cinta kita terhadap hutan mangrove, karena sesungguhnya mangrove banyak manfatnya untuk manusia. salah satu yang penting banget adalah pencegah gelombang pasang (tsunami).

Artikel Terkait Lainnya Seputar:



0 komentar:

Poskan Komentar

cari artikel menarik disini