31 Juli 2012

Tradisi Megibung Warga Muslim Kepaon

foto by google.com
tradisi megibung warga muslim kepaon memperlihatkan contoh yang baik dari kerukunan hidup beragama di pulau dewata. saling menghargai dan melestarikan kebudayaan daerah meski berbeda agama adalah suatu hal yang mencerminkan kualitas keagamaan orang itu. mungkin kamu pernah tahu istilah "megibung"? tradisi megibung yang merupakan memakan makanan yang disajikan dalam sebuah nampan besar secara bersama-sama.

tradisi megibung sudah dikenal lama di pulau Bali. di daerah karangasem tradisi ini rutin dilakukan pada hari-hari besar agama hindu di Bali seperti hari raya galungan dan kuningan.

bagaimana jadinya jika Tradisi Megibung ini turut dijalankan oleh umat islam? Umat islam yang berada di kampung muslim di daerah kepaon denpasar melakukan tradisi megibung saat berbuka puasa di mesjid mereka.

tradisi megibung kampung muslim kepaon ini dilaksanakan setiap 10 hari sekali selama bulan suci ramadhan. pada saat jam berbuka tiba mereka bersama-sama menyipkan makanan dalam satu nampan besar yang berisi nasi, lauk, kolak, dll beserta air putih.

para lelaki kemudian duduk melingkar sekitar 4-6 orang dan mulai berbuka puasa dengan bersama-sama menyantap menu di nampan itu. tampak kegembiraan dan rasa kebersamaan yang tinggi saat acara megibung di Masjid Al Muhajirin Kepaon Denpasar, kampung muslim di kepaon ini.

seperti yang dilansir oleh antara news, bahwa mesjid ini telah melakukan tradisi megibung sejak umat muslim datang ke kepaon tahun 1362 masehi. umat muslim yang berada di kampung muslim ini berasal dari Muslim asal Melayu, Bugis, Palembang, dan Bali.

suatu contoh kearifan budaya lokal yang mempersatukan bangsa indonesia ini. saya yakin jika semua menyadari akan rasa saling menghargai dan memiliki rasa kebersamaan dan solidaritas, maka tak akan ada lagi yang namanya konflik di indonesia ini. apalagi konflik atas dasar agama.

salam blogger.

kutipan: antaranews.com

Artikel Terkait Lainnya Seputar:



3 komentar:

Poskan Komentar

cari artikel menarik disini