16 Juli 2012

Babi Guling Masakan Bali Terpopuler

from google.com
Masakan babi guling khas Bali memang selalu nikmat di santap baik sebagai menu lunch atau dinner. Babi guling adalah masakan khas Bali yang biasanya disajikan dengan bumbu bali dan 'jukut ares', yaitu sebuah sup dari batang pohon pisang.

kegemaran masyarakat Bali menyantap masakan Babi guling sendiri tak lepas dari beberapa ritual agama hindu Bali yang mengharuskan penggunaan Babi guling sebagai sarana upacaranya. diantaranya adalah hari raya galungan(hari kemenangan dharma melawan adharma). pada penampahan galungan (sehari sebelum galungan) biasanya masyarakat hindu Bali akan menyembelih babi secara gotong royong. Babi tersebut kemudian di bersihkan di sungai-sungai desa setempat. setelah bersih kemudian dibawa kembali ke rumah dan selanjutnya akan di guling diatas bara api.

tidak hanya di hari raya galungan saja. upacara-upacara lain seperti upacara Dewa Yadnya, Manusa Yadnya, atau Rsi Yadnya ada juga yang menggunakan sarana babi guling. itulah salah satu sebabnya orang bali selalu gemar menyantap masakan babi guling.

warna kulit babi guling yang coklat kemerah-merahan menggiurkan lidah kita untuk mencoba crispy kulitnya dan empuk dagingnya. Banyak penggemar babi guling yang begitu menyukai bagian kulitnya. termasuk saya sendiri. kulit babi guling yang crispy dengan sedikit lemak babi yang menempel membuat rasanya begitu gurih di lidah.

Bagi wisatawan asing atau mancanegara tak usah khawatir. anda tidak perlu menunggu hari raya tiba untuk bisa mencicipi nikmatnya babi guling khas Bali. Banyak rumah makan yang menyediakan masakan spesial babi guling.

daerah yang memiliki banyak rumah makan babi guling adalah kabupaten tabanan. selain sebagai lumbung berasnya Bali, ternyata tabanan juga merupakan pusatnya restaurant babi guling di bali (versi dewa setiawan). saya katakan begitu karena hampir di setiap banjar di kabupaten tabanan memiliki setidaknya 2-3 rumah makan babi guling. luar biasa bukan? hahaha..

saya sendiri juga merupakan pencinta masakan babi guling. hampir setiap jalan-jalan ke kabupaten-kabupaten di Bali, saya pasti mencari rumah makan babi guling.

from google.com
Hampir semua rumah makan babi guling menyajikan babi guling dengan porsi yang sama. satu porsi babi guling berisi:
1. Nasi Putih (kecuali tabanan, anda bisa request untuk nasi beras merah)
2. Daging babi guling yang telah dicampur bumbu bali
3. Sate lilit daging babi
4. Gorengan jeroan daging Babi.
5. 'Urutan', adalah usus babi yang diisi dengan daging dan lemak babi yang telah di bumbui kemudian di jemur atau di asap selanjutnya digoreng.
6. Sayur Urap (biasanya dari daun sawi)
7. Lawar Merah (lawar yang terbuat dari campuran parutan kasar daging kelapa tua dengan bumbu dan darah babi)
8. Lawar putih (bisa terbuat dari nangka yang di cincang dan di campur bumbu tanpa darah babi)
9. Kuah Ares (sup dari batang pohon pisang dengan campuran bumbu bali dan daging dan tulang babi)
10. sebagai pelengkap bisa dengan krupuk  babi.

menjelaskannya membuat saya jadi ngiler... ahahaha..
sekian dulu ya.. sekarang saya mau beli satu porsi Babi Guling hihi... :-)

Artikel Terkait Lainnya Seputar:



1 komentar:

Posting Komentar

cari artikel menarik disini