07 Juli 2012

10 Tips Lulus Interview User Kapal Pesiar

update artikel saya kali ini masih seputaran kapal pesiar. namun kali ini saya akan sharing ke anda, terutama anda yang sudah melamar di agent kapal pesiar dan sedang menantikan kedatangan user dari perusahaan kapal pesiar yang anda lamar.

apa yang anda rasakan saat lulus beberapa tahap interview awal yang diadakan oleh agent kapal pesiar? pastinya anda akan senang dan bangga akan hasil yang telah anda capai sejauh ini. namun perjuangan masih amat panjang. proses interview di agent merupakan tahap screening atau seperti penyeleksian tahap awal.

interview yang paling menentukan adalah saat anda bertemu dengan user dari kapal pesiar dan di interview olehnya. walaupun anda lulus interview agent, namun jika saat bertemu user nilainya kurang, anda tentunya tidak bisa diterima sebagai crew kapal tersebut.

nah ada beberapa tips yang akan saya bagikan ke anda, jika anda saat ini sedang menantikan datangnya sang USER dari principal anda. tipsnya antara lain:

1. pergunakan waktu menunggu datangnya user dengan mempelajari pengetahuan seputar pekerjaan yang anda lamar. jangan remehkan sesi belajar ini. karena di banyak kasus, meskipun anda telah bekerja bertahun-tahun di hotel, namun jika tidak mengerti akan teorinya maka anda sama saja dengan tidak bisa apa-apa alias dianggap tidak bisa bekerja oleh si user.

2. latihlah kemampuan bahasa inggris anda, terutama dalam menjelaskan sesuatu yang ada kaitannya dengan pekerjaan anda. perhatikan juga tata bahasa anda. namun intinya adalah anda bisa berkomunikasi. itulah yang di nialai oleh user.

3. jika besok anda akan bertemu dengan user anda, tidak usah mempelajari buku yang tebal-tebal. karena hal itu sudah anda lakukan di jauh-jauh hari. kini saatnya anda untuk mempersiapkan kata-kata saat anda disuruh "please introduce your self!". usahakan untuk telah hafal dengan apa yang akan anda katakan dengan suruhan ini. buatlah dalam selembar kertas dan hafalkan. (kemungkinan ditanyakan adalah 80%)

4. saat bertemu dengan user, gunakanlah seragam yang rapi dan bersih. jangan lupa untuk menggunakan deodorant. agar anda terkesan lebih segar.

5. cobalah untuk relax saat menjawab pertanyaan demi pertanyaan dari user. jika anda merasa tegang, segera tarik nafas sedikit dan hembuskan perlahan dengan santai..

6. saat anda berbicara dengan user usahakan untuk menjelaskan sembari tersenyum dan penuh semangat. tujuannya agar anda terlihat seperti seorang yang energic.

7. jika anda diberi pertanyaan jangan dijawab singkat. jawablah sepanjang lebar mungkin. tetapi jangan juga ngawur. tetap sesuai dengan konteks. ingat.. sebenarnya user sedang menilai bahasa anda. semakin banyak anda bicara semakin terbuka kesempatan anda untuk lolos.

8. jika anda ditanya tentang motivasi kerja di kapal pesiar, jawablah dengan jujur..! bilang saja karena gaji yang didapatkan disana 2x, 3x atau 4x lipat dari gaji saya sekarang. tidak usah menjawab karena bisa jalan-jalan.. bisa ini.. itu.. hal itu malah bisa menyebabkan user berpikir anda tidak serius bekerja.

9. yang terakhir adalah berdoa kepada tuhan yang maha esa agar bisa diberikan kemudahan dalam interview dengan user.

demikian kurang lebih yang bisa saya sarankan kali ini. bagi para senior bisa silahkan menambahkannya dengan berkomentar di kolom komentar dibawah ini.

semoga sukses

Artikel Terkait Lainnya Seputar:



1 komentar:

mantap sekali infonya, ditunggu info-info menarik lainnya.

Posting Komentar

cari artikel menarik disini