06 Juni 2012

2 Patung Singa Hiasi Angkul-Angkul

tampak depan angkul-angkul
postingan ini mungkin sudah terlambat jika dilihat faktanya kalau kedua singa yang garang itu telah berada di depan pintu rumah saya yang ada di bangli. Namun tentunya tidak ada kata terlambat untuk selalu berbagi cerita dengan teman blogger dan netter semua.

Pintu masuk dengan ciri khas beragam ukiran style bali bagi orang bali di sebut sebagai angkul-angkul. Kebetulan keluarga kami sedang membuat angkul-angkul baru di rumah keluarga yang ada di Desa Susut kabupaten Bangli.

ketika angkul-angkul itu hampir jadi, ayah saya (ajik) mengusulkan ke paman-paman di kampung agar di berikan hiasan berupa patung singa. ternyata usulan itu tak langsung dapat diterima oleh mereka, ada yang mengusulkan untuk dipasangi hiasan patung anjing. tapi menurut pemangku, patung anjing biasanya di pura-pura dan tidak boleh di pekarangan rumah.

ada juga yang takut jika di suatu hari nanti karena aura magis maka patung itu bisa hidup dan memakan (secara kasat mata) keluarga kita. hahaha.. namanya juga di desa. banyak ha yang kadang tak bisa saya mengerti dan kadang tak masuk akal. namun begitulah tradisi adat bali. penuh dengan aroma mistik dan magis.

namun akhirnya diputuskan boleh menghiasi angkul-angkul dengan patung singa. asalkan singa yang dijadikan patung merupakan singa hutan dan tidak akan mengakibatkan hal buruk ke keluarga kami selama singa tersebut menghadap ke arah barat.

ayah saya kemudian memesannya di desa batubulan. ada pengerajin patung yang bernama 'pak de' yang mengerjakan patung kami tersebut. hasilnya sungguh luar biasa. patung itu seperti hidup. tampak begitu sangar dan garang dengan taringnya yang terlihat tajam hihihi..

si pak de
saya sempat tanyakan berapa berat satu patung itu. dan pak de memberitahu saya bahwa berat satu patung itu kurang lebih 1 ton. menempatkan kedua patung itu juga harus hati-hati dan dengan teknik khusus. jika tidak maka hancurlah sudah karya si pak de, sungguh luar biasa.

Artikel Terkait Lainnya Seputar:



0 komentar:

Posting Komentar

cari artikel menarik disini