16 April 2012

LifeRaft Gantungan Hidup Mu di Laut

sebagai seorang crew di kapal laut, baik kapal niaga, kapal cargo, kapal tanker dan kapal pesiar, harus memiliki pengetahuan yang baik mengenai prosedur penyelamatan diri. mengenali alat-alat penyelamatan di kapal dan cara menggunakannya adalah hal yang mutlak diketahui saat berada di tengah laut.

karena kemahiran kamu berenang tidaklah cukup untuk dapat bertahan hidup di tengah laut apabila terjadi keadaan darurat yang mengharuskan kamu untuk meninggalkan kapal. untuk bisa bertahan hidup dalam keadaan seperti itu kita harus mengetahui berbagai macam alat penyelamatan dan cara penggunaannya.

kali ini saya ingin mengulas mengenai perahu penyelamat bagi crew member atau yang lebih sering disebut dengan liferaft. life raft adalah perahu penyelamat yang ada di kapal sebagai alat menyelamatkan diri bagi semua crew kapal dalam keadaan bahaya yang mengharuskan crew dan passenger untuk keluar dan menjauh dari kapal tersebut.

liferaft ini dapat menampung crew dari 10 hingga 25 crew. kapasitas ini tergantung dari besar kecilnya kapal yang di tumpangi dan banyaknya crew di dalam kapalnya. liferaft ini akan menggantung di pinggir sebelah kanan kapal (star board side) atau sebelah kiri kapal (port side).

gantungan itu akan berupa tabung yang biasanya berwarna putih. jika terjadi kadaan bahaya maka tabung tersebut akan di lemparkan ke laut sehingga dapat mengembang otomatis setelah ditarik tali pengamannya.


taukah kamu apa saja isi dari liferaft ini??
berikut ini adalah perlengkapan keselamatan di dalam lifetraft.

1. food ration
2. water ration
3. fishing kit
4. the throw line appliance
5. glue
6. oak or leadle
7. floating knife
8. lumineous signal
 - orange smoke signal 2 pcs
 - parachute rocket 4 pcs
 - hands flares 6 pcs
 - medicine
 - first aid kit
 - floating sea achor
 - immersion suite
 - mirror

Artikel Terkait Lainnya Seputar:



2 komentar:

salam kenal mas dewa, blog yang sangat bermanfaat, dari marine service kah anda, atau crew kapal?

salam kenal, artikel nya sangat bermanfaat terutama untuk new entry di kapal pesiar seperti saya.
trims. melacak nomor hp

Posting Komentar

cari artikel menarik disini