04 April 2012

Kopi Luwak yang Mahal tapi Sensasional

Kopi Luwak adalah biji kopi yang didapatkan dari hasil fermentasi alami dari sistem pencernaan si Luwak atau Musang Luwak yang merupakan Musang pemakan biji kopi. Kopi Luwak ini kemudian menjadi mahal karena rasa dan aromanya yang nikmat. Selain itu, banyak yang mempercayai bahwa kopi luwak juga memiliki khasiat untuk kesehatan tubuh.

nikmatnya kopi luwak ini tak lepas dari kebiasaan si Musang Luwak yang hanya akan memakan biji-biji kopi yang telah matang sempurna. Sistem pencernaan yang dimiliki oleh musang luwak sangat sederhana sehingga tidak mampu mencerna biji kopi yang keras. Maka biji kopi tersebut akan langsung keluar bersama kotoran-kotoran musang luwak. Kotoran ini kemudian di keringkan, lalu di bersihkan, kemudian di sangrai seperti membuat kopi pada umumnya.

musang luwak
kotoran luwak

kopi luwak sendiri mulai terkenal hingga ke manca negara semenjak publikasi dari berbagai media di tahun 1980 an. Luwak kemudian menjadi incaran para penikmat kopi dan orang-orang kaya dunia menjadikan tradisi meminum kopi luwak sebagai gaya hidup kelas atas.

Di pasaran internasional, harga kopi luwak dapat mencapai lebih dari  US $100/450 grm. Sungguh bukan harga yang wajar bagi orang biasa, tetapi harga yang pantas bagi para penikmat kopi. Kelangkaan jumlah biji kopi menyebabkan proses produksi menjadi berkurang dan menjadi salah satu faktor mahalnya kopi luwak.

Sejarah kopi luwak sebenarnya telah ada dan berkembang sejak zaman penjajahan belanda. tepatnya pada awal abad ke 18 belanda membuka lahan perkebunan kopi untuk di jual ke luar indonesia. belanda mempekerjakan orang-orang pribumi untuk mengelola kebun kopi. Tetapi pemerintah hindia belanda melaramg penduduk pribumi untuk memetik biji kopi sebagai konsumsi pribadi.

Namun pada saat itu di perkebunan kopi ada banyak musang Luwak yang gemar memakan biji kopi dari pohonnya dan karena luwak hanya memakan daging dan kulitnya, maka kotorannya masih berupa biji kopi. kotoran itu kemudian dipunguti oleh pekerja perkebunan. mereka membawanya pulang, kemudian di keringkan, di sangrai dan di tumbuk kemudian diseduh dengan air panas dan jadilah kopi luwak.

sekian dulu infonya ya :-D! jika artikel ini bermanfaat buat kamu, ucapkan trimakasih kamu dengan meng klik satu atau beberapa iklan dari sponsor dewasetiawan.blogspot.com yang ada di sebelah kanan blog atau yang ada di atas artikel.
trimakasih!

Artikel Terkait Lainnya Seputar:



0 komentar:

Posting Komentar

cari artikel menarik disini