18 November 2011

Taman Ayun Nan Mempesona

Denpasar terasa amat panas siang ini. namun itu tidak menyurutkan semangat saya untuk menjalankan planing jalan-jalan saya. untuk hari libur kali ini saya akan mencari tempat yang sejuk, nyaman dan tentunya yang support bali green and clean.

akhirnya pilihan saya jatuh pada Pura Taman Ayun yang terletak di  kecamatan mengwi kabupaten Badung Bali. dari namanya mungkin anda akan mengira tempat ini adalah komplek pura yang penuh dengan deretan candi-candi yang berusia ribuan tahun. namun sayang sekali perkiraan anda itu salah! Pura Taman Ayun di Bali memang merupakan bangunan Pura yang sama dengan pura-pura kebanyakan yang ada di Bali.

namun yang membedakan pura taman ayun dengan yang lain adalah lokasinya yang dikelilingi oleh aliran sungai dan adanya taman yang indah dan tertata sangat rapi. banyak sekali terdapat tanaman dari jenis bunga-bungaan, tanaman hias hingga perindang ditanam disana.

saat memasuki areal pura taman ayun, terlebih dahulu anda harus melewati jembatan karena letak pura ini yang berada di pinggir sungai. anda akan mulai disambut dengan pemandangan taman yang hijau dan luas serta kolam yang berisi air mancur di sebelah kanan anda.

anda tidak akan diijinkan untuk memasuki kawasan utama mandala (kawasan utama pura) karena kawasan itu hanya dibuka untuk persembahyangan saja. namun seluruh bangunan yang ada di areal utama mandala, akan dapat anda lihat dari madya mandala (kawasan tengah pura yang biasa untuk tari-tarian/pertunjukan) dengan batas tembok yang tidak terlalu tinggi.

wisatawan dapat mengabadikan gambar indahnya pura taman ayun tanpa harus dipungut biaya apapun. telah disediakan jalan yang baik namun berukuran kecil yang jika kita telusuri maka akan mengelilingi areal pura taman ayun.

banyak warga lokal yang memanfaatkan pinggiran areal pura ini untuk memancing. mereka dapat memancing tanpa harus kepanasan atau kehujanan karena telah disediakan beberapa gazebo di pinggiran areal pura ini.
pura ini dapat menjadi salah satu tujuan wisata yang menarik di bali. pastinya mata anda akan dimanjakan dengan taman yang indah dan hijau.

tiket masuk ke pura ini adalah 3.000 rupiah saja. namun karena saya orang bali asli, biaya itu tidak dikenakan kepada saya. jadi yang saya berikan cuman kata 'matur suksma' (terimakasih).

silahkan datang dan nikmati keindahannya. namun tentunya jaga selalu keasriannya dengan tidak membuang sampah sembarangan.

incoming search result:
pura taman ayun, taman ayun bali, taman mengwi bali, obyek wisata bali, bali tour, wisata di bali, liburan ke bali, bali green and clean.

Artikel Terkait Lainnya Seputar:



0 komentar:

Posting Komentar

cari artikel menarik disini