09 Oktober 2011

Apa itu Blog?

perkembangan dunia blogging kini semakin menggila. hal ini dapat kita buktikan dengan banyaknya blogger-blogger baru yang terus bertambah jumlahnya dari hari ke hari. komunitas-komunitas yang merangkul para blog di daerah-daerahpun kini mudah kita temui.

apa anda punya satu/beberapa blog?? apa anda tahu apa itu blog? apa sebenarnya pengertian blog itu?

saya coba jelaskan sedikit agar anda bisa paham dan mungkin akhirnya mau mencoba untuk belajar ngeblog :-)

blog merupakan singkatan dari Web Log, yang merupakan aplikasi dari website yang memberikan fitur penampilan tulisan-tulisan kita pada sebuah halaman umum.

blog pertama kali diciptakan dan dikembangkan oleh pyralab dengan nama layanan blogger.com. namun di tahun 2002 blogger.com diakuisi oleh google.com dan sejak saat itu pula blog muali berkembang pesat seiring dengan promosi yang sangat gencar dilakukan oleh si mbah google.

google mulai mengembangkan berbagai fasilitas sumber terbuka (open sources) di blogger.com yang memberikan kemudahan bagi pengguna blog untuk mengedit tampilan maupun tulisan-tulisan mereka di blognya.

kini banyak sekali, mungkin sekitar puluhan penyedia layanan blog yang dapat kita gunakan untuk membuat blog. tetapi di dunia blogger profesional, yang paling dianjurkan adalah blogger.com dan wordpress.com. keduanya sama-sama bagus dan memiliki sisi baik-buruk sendiri.

jika kita membuat blog di blogger.com maka nama blog anda akan menjadi contoh:
www.namabloganda.blogspot.com
*yang dicetak tebal dapat diganti dengan nama anda atau nama apapun sesuai keinginan anda.
jika kita membuat blog di wordpress.com maka nama blog anda akan menjadi contoh:
www.namabloganda.wordpress.com
*yang dicetak tebal dapat diganti dengan nama anda atau nama apapun sesuai keinginan anda.
 begitu seterusnya, sesuai dengan penyedia layanan blog yang anda gunakan.

jadi kesimpulannya adalah blog merupakan situs pribadi kita yang dapat kita isi dengan berbagai macam tulisan untuk dapat dibuka dan dibaca oleh semua orang di seluruh dunia dalam waktu 24 jam se hari dan 7 hari seminggu.

Artikel Terkait Lainnya Seputar:



0 komentar:

Posting Komentar

cari artikel menarik disini